Minggu, 15 Januari 2017

SHALAT BERJAMA'AH .

Bila manusia sudah berada dalam masjid, maka tidak ada perbedaan antara pejabat, rakyat, jendral prajurit, kaya miskin, semuanya sama, kecuali yang membedakan hanyalah takwanya kepada Allah.

Shalat berjama'ah itu lebih tinggi 27 derajat daripada shalat sendirian . Al Hadist .

Shalat berjama'ah itu mendidik manusia agar berdiri sama tinggi duduk sama rendah menyamakan dan menyatukan visi dan misi yaitu mengabdi dan berbaktu kepada Allah swt

Bila terjadi kesalahan dalam pelaksanaan shalat, bukan menegur secara kasar sambil menudingnya tapi bagi lelaki cukup dengan mengucap SUBHANALLAH, dan bagi wanita dengan bertepuk tangan.

Shalat berjama'ah itu bisa sebagai ajang silaturahim diantara sesama jemaah, saling kenal dan akan tumbuh rasa persaudaraan.

Anehnya manusia kalau berlari pagi 5 km kuat dan semangat, tapi hanya berkunjung ke masjid untuk shalat berjamaah gak kuat, gak nyampe2, padahal jarak rumah dan masjid sekitar 100 M

Rumahmu adalah tempat istirahatmu, sekaligus tempat ibadahmu, tempat berkumpul bersama keluarga, bertukar fikiran, saling berbagi pengalaman kehidupan.

Janganlan anda punya rumah besar misalnya ukuran type 41, tapi tempat solat saja gak ada, kalau adapun cukup hanya untuk 1 orang . Itu kikir namanya.

Usahakan kalau bisa sediakan khusus untuk kegiatan berjamaah, karena di tempat itulah bisa saling berbagi ilmu pengetahuan,  kehidupan dan tempat untuk belajar agama.

Semoga saja anda tidak sekikir seperti apa yang telah diuraikan tadi. Sukur2 sehabis shalat maghrib dilanjut kegiatan baca Qur'an atau tadarus bersama, walau 1 orang hanya baca 5 - 6 ayat, yang penting rutin.

Jangan sampai kegiatan tadarus itu hanya dilakukan kalau bulan Ramadhan saja. Insya Allah rumah anda akan bercahaya. Dan cahaya itu dari Allah. Termasuk para penghuninya. Aaaamiin.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar