Selasa, 23 Mei 2017

BERHATI-HATILAH MENGHADAPI MASALAH , JANGAN CEROBOH

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Hasil gambar untuk menghadapi masalah



Wahai saudaraku hidup itu penuh dengan masalah . Berbagai macam masalah datang silih berganti, bagai antrian masalah  yang amat panjang yang tiada putus-putusnya. Masalah akan berhenti saat kita meninggal dunia. 

Namun begitu berada di alam baru yaitu alam kubur akan datang lagi masalah . Di alam kubur akan banyak pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, tapi tidak ada perbuatan ,  yang ada hanya keputusan.  

Bila masalah yang dibawa ke alam kubur banyak kebaikannya, maka akan mendapatkan berbagai macam kenikmatan. Tapi bila kebaikannya hanya sedikit, maka yang diterima adalah siksa kubur. 
Sedangkan masalah di dunia, kita hanya diwajibkan berbuat untuk menghadapinya, tidak ada pertanyaan dari Allah swt.  

Wahai saudaraku bila kita menjadi orang yang beriman, maka hendaknya berfikir terlebih dahulu sebelum bertindak . Berbuat sesuatu sebelum terlambat atas segala sesuatu yang belum terjadi  terhadap diri .  

Bila telah berusaha, berbuat, dan berdo’a serta berserah diri pada Allah swt , barulah kita terima dengan ikhlas, dengan lapang dada apa yang ditakdirkan oleh Allah swt untuk kita .  

Wahai saudaraku apa yang difirmankan Allah swt melalui ayat-ayatNya itu adalahsebagai peringatan kepada kita semua agar jangan sampai terjadi hal tersebut pada kita. Untuk itu wajib kita mempercayai ayat-ayat-Nya .  

Bagi yang masih tidak percaya maka sering sekali terjadi hal-hal buruk yang menimpa dirinya . Namun dengan kejadian tersebut bukannya dijadikan sebagai pembelajartan, akan tetapi semakin dirinya tersesat jauh dari jalan Allah swt .  

Allah swt berfirman yaitu , 
“  Wa maa haadzihil hayaatud dunyaa illaa lahwun wala’ibun , wa innad daarol aakhirota lahiyal hayawaanu lau kaa nuu ya’lamuun “ .  
Yang artinya , “  Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui “  
QS Al Ankabuut  29 .  

Melalui ayat ini Allah mengingatkan kita semua bahwa kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan main-main.  Jadi apakah kita  mengabaikan peringatan tersebut dengan bermain-main, mencari kesenangan, memuaskan hawa nafsu syahwat sampai datang ajal menjemput. 

Apakah kita rela dipermainkan oleh kehidupan dunia , sampai lupa tujuan hidup di dunia ini untuk apa ? Dunia ini hanya sekedar mampir, hidup sementara, hanya sesaat. Maka manfaatkan yang sesaat itu dengan memperbanyak amal kebajikan amal saleh untuk bekal akhirat kita yang kekal. 

Lalu firman Allah “ kalau mereka mengetahui ! “ . 
Sungguh sangat halus sekali tegura Allah kepada kita, kata2Nya tidak kasar , padahal dibalik kata2 tersebut ada peringatan yang keras sekali buat kita semua. Yaitu bila kita percaya dengan peringatan itu, berarti kita ingin menjadi orang yang berbahagia dunia akhirat. 

Namun bila tidak percaya, maka kita termasuk golongan orang2 fasik. Artinya sudah tahu itu salah tapi masih tetap dilakukan.  Semoga saja kita selalu memlihara ketakwaan kita terhadap Allah swt dan senantiasa mengikuti segala petunjuk yang telah disamapaikan oleh utusanNya Nabi Muhammad saw serta dijauhkan dari sifat fasik….. Aaaaamiin ….  

Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu  fiikum ……  
Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar