Jumat, 19 Mei 2017

KEHIDUPAN DUNIA HANYALAH UJIAN

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Hasil gambar untuk sukses



Wahai saudaraku janganlah  dunia ini hanya tempat untuk bersenang-senang saja , sampai lupa akan tujuan hidup sendiri .   Allah swt telah mencipta manusia itu sebagai manusia yang mulia dan sempurna serta sebagai Khalifah di muka bumi.  Ketiganya ini merupakan amanah Allah swt yang harus dijaga dan dipelihara. 

Walaupun Allah swt sudah mengetahui kualitas diri setiap hambaNya , tapi tetap Dia memberikan ujian dan cobaan kepada semuanya untuk mengetahui siapa yang beriman dan siapa yang ingkar kepada-Nya .  

Apakah dengan ujian dan cobaan tersebut manusia akan semakin mendekatkan dirinya kepada Allah swt ataukan sebaliknya semakin menjauh.  Apakah bisa menjadi manusia yang bersyukur ataukan menjadi kufur .  Apakah mampu menjadi manusia yang penyabar ataukah  mengeluh, marah dan putus asa. dsb.  

Ingat kesuksesan dan kesenangan selama masih di dunia tidak akan kekal. Begitu pula kesengsaraan dan penderitaan juga sama tidak akan selamanya. Semuanya akan datang dan pergi secara bergiliran, berganti-ganti .  

Allah swt berfirman di dalam QS Al Mulk yang artinya , 
“  Maha Suci Allah Yang di tangan-Nya-lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu,  Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun  “  
QS Al Mulk  1  -  2.  

Wahai saudaraku janganlah anda risau, galau , resah dan gelisah bila kesulitan, kesengsaraan  dan penderitaan menimpa anda . di dunia ini .  Dunia ini sudah diatur segala sesuatunya oleh Allah swt .  Dengan adanya ujian dan cobaan dari Allah swt, makia akan diketahui kesadaran dan kesabaran setiap manusia apakah dia beriman ataukah ingkar .  

Bila kenikmatan menimpa anda maka janganlah anda sampai lalai dan lupa kepada Allah swt .  Dan bila anda diberi kegagalan dalam hidup dan kehidupannya, maka bersabarlah atas  segala cobaan tersebut . Dan yang lebih penting lagi adalah jangan sampai anda berputus asa dari rahmat Allah. Sungguh rahmat Allah itu amat luas .   

Allah swt berfirman di dalam QS Al Fajr yang artinya , 
“  Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: "Tuhanku telah memuliakanku".   Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata: "Tuhanku menghinakanku".   Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim,   dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin,   dan kamu memakan harta pusaka dengan cara mencampur baurkan (yang halal dan yang bathil),    dan kamu mencintai harta benda dengan kecintaan yang berlebihan.   QS Al Fajr  15  -  20 

Semoga saja kita semua diberi kekuatan oleh Allah swt dan juga diberikan kesabaran, ketabahan dan ketawakalan di setiap menghadapi ujian dan cobaan dari Allah swt ….  Aaaaamiin ….  

Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu  fiikum ……  
Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar