Jumat, 19 Mei 2017

ALAM SEMESTA DAN ALLAH SWT

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Foto


Wahai saudaraku apapun yang ada di alam semesta ini dari yang terkecil sampai yang terbesar, merupakan bukti nyata adanya Allah swt . Dan semuanya itu adalah hasil ciptaan-Nya semua tanpa ada bantuan dari manapun dan dari siapapun .  

Jadi tidak mungkin ada wujudnya tanpa ada yang menciptakannya. Dan tidak lah sama antara yang menciptakan dan ciptaannya .  Tidaklah mungkin sesuatu bisa bergerak bila tidak ada yang menggerakkannya .  

Wahai saudaraku Allah swt menciptakan sesuatu itu jelas ada maksud dan tujuannya. Dan hanya sebagian kecil saja rahasia ciptaanNya itu yang bisa diketahui oleh manusia. Serta apapun yang diciptakan itu jelas ada manfaatnya  untuk semua makhlukNya .  

Marilah kita simak dan renungi oleh kita bersama firman Allah di dalam QS Al Baqarah yang artinya sebagai berikut  

“  Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan “ .  QS Al Baqarah  164 .  

Wahai saudaraku  itulah sebagian dari tanda-tanda Kebesaran dan Kekuasaan Allah swt. Bukti sudah jelas ada dan nyata , namun sayangmnya masih banyak manusia yang menganggapnya bahwa semua itu hanyalah fenomena alam . 

Manusia diciptakan Allah itu, dijadikan sebagai Khalifah di muka bumi, adalah untuk menjaga, memelihara, dan memanfaatkan seiisi alam semesta ini untuk hal-hal yang berguna bagi manusia seluruhnya, bukan untuk kepentingan pribadi dan golongan saja. 

Sudah banyak hasil yang didapat di muka bumi ini. Namun sayang masih banyak manusia yang tidak mau berbagi dengan sesamanya, karena takut akan sengsara dan menderita . Ada manusia yang telah diberi harta benda banyak atau berlimpah, sayang rasa syukur tidak ada. Yang ada adalah kikir, zalim, banyak berbuat maksiat . 

Dikasihnya jabatan sebagai penguasa, juga tidak disyukuri, jabatannya tersebut dimanfaatkan untuk berbuat kezaliman .  Ada yang diberi ilmu oleh Allah agar diamalkan, berbagi dengan mereka yang masih bodoh. Namun sayang diperjual belikan, bahkan dijual dengan harga yang murah . Dan masih banyak sekali yang terjadi di alam semsta ini yang intinya sebagian besar manusia itu banyak yang menyalah gunakan ciptaan Allah swt . Bukannya berbuat sesuai dengan kehendak Allah swt .  

Wahai saudaraku awalnya sesuatu yang wujud di alam ini adalah gelap, tak ada sinar sama sekali .  Kemudian Allah memberikan cahaya sehingga segala sesuatunya Nampak jelas  dan nyata .  Barangsiapa yang menyaksikan sesuatu yang wujud lalu hatinya masih gelap , tidak melihat cahaya tersebut berarti dia masih lupa terhadap siapa yang menciptakan wujud tersebut termasuk pada dirinya sendiri.  

Dan Allkah swt hanya akan membukakan tabir atau hijab tersebut kepada orang-orang yang Dia kehendaki .  Allah swt berfirman di dalam QS Al Baqarah yang artinya  

“  Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?". Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik,  QS 2 Al Baqarah  26 .  

Wahai saudaraku melalui ayat ini sudah jelas sekali perbuatan Allah swt itu semuanya hanyalah ujian, agar bida diketahui siapa yang berada di jalan yang benar dan siapa yang masih dalam kesesatan yang nyata.  

Beruntunglah anda bila anda berada di jalan benar artinya anda termasuk golongan orang2 yang beriman . Dan bagi yang masih berada di jalan yang gelap dan sesat, bila sudah tahu kebenarannya maka segeralah berubah arah untuk kembali ke jalan yang benar. Namun bila tetap saja tidak mau berubah, maka celakalah dia di sisi Allah .  Padahal Allah swt menjadikan apa yang ada di alam semesta ini adalah untuk memenuhi dan mencukupi kebutuhan manusia semua sebagaimana firmanNya yaitu  

“  Huwal ladzii kholaqo lakum fir ardhi jamii’an  “  
Yang artinya  “  Dia ( Allah ) yang menjadikan apa yang ada di bumi ini untuk kamu semua “  Al Ayat . 

Wahai saudaraku manfaatkan akan sehat kita, jangan dibikin sakit . Hilangkan keraguan kita dan tumbuhkan keyakian dalam diri kita bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini adalah ciptaan Allah swt untuk kita semua. Dan dari hal ini apakah kita mau bersyukur atau tidak ? 

Itulah yang menentukan bahwa kita berada di jalan benar atau sesat .  Allah swt berfirman yaitu , 

“  Lain syakartum la aziidan nakum wa la in kafartum inna ‘adzaabii lasyadiid  “  
Yang artinya , “  Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".  QS  Ibrahim  7  …  

Semoga kita semua tidak menjadi orang yang lupa diri , dan lupa pada Allah, akan tetapi tetap menjadi manusia yang senantiasa bersyukur kepada Allah atas segala pemberian berbagai macam nikmat yang telah kita manfaatkan selama ini …..

Aaaaamiin ….  

Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu  fiikum ……  
Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar