Senin, 29 Mei 2017

KODRAT SEBAGAI MANUSIA

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Wahai saudaraku  Allah swt menciptakan makhluk di dunia ini hanya dua macam yaitu Jin dan Manusia.  Tugasnya sama yaitu hanya mengabdi kepada-Nya. Di dalam pengabdian antara Jin dan manusia itu sama yaitu hanya tunduk, taat dan patuh kepada Allah semata.  

Pengabdian Jin kita tidak perlu membahasnya , akan tetapi yang kita butuhkan hanya pengabdian kita kepada Allah. Namun secara hukum sama, siapapun yang menentang Allah maka termasuk golongan syaitan. 

Jadi yang namanya syaitan itu ada yang Nampak dan ada yang tidak Nampak. Kesemuanya itu mengingkari Allah dan rasulNya . 

Allah swt berfirman yaitu , “ Wa maa kholaqtul jinna wal insa illaa liya’buduun “  
Yang artinya “ Tidaklah AKU jin dan manusia , kecuali hanya untuk mengabdi kepadaKU “  
QS Adz Azdariyat  56 .  

Wahai saudaraku kalau memang kita beragama Islam maka pengabdian kita itu terus menerus sampai ajal datang menjemput yaitu dengan mentaati segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya .   

Allah swt berfirman ya itu , Wa’bud robbaka hattaa ya’tiyakal yaqiin “  
Yang artinya “ Dan sembahlah Tuhanmu sampai dating kepadamu yang diyakini ( mati ) . 
QS Al Hijir 99 . 

Masih banyak yang belum yakin bahwa kematian itu pasti akan datang pada dirinya. Mengapa dikatakan demikian ? Karena masih banyak manusia yang didalam kehidupan sehari-harinya yang difikirkan hanya tentang urusan dunia. Yang dibicarakan hanyalah hal kediniawian. 

Untuk urusan akhirat hanya sesenggangnya saja, hanya sekedarnya saja .  Hanya seperlunya saja. Bila sedang butuh saja . Bila lagi mengalami kesulitan dan kesempiran saja dll.  

Untuk itu  kebiasaan yang buruk itu segera buang jauh-jauh, gantikan dengan istiqamah dalam berbuat amal ibadah kepada Allah swt .  

Allah swt berfirman yaitu , “ Yaa ayyuhal ladziina aamanudz kurullooha dzikron katsiiron . wa sabbihuu hu bukrotan wa ashiilan “  
Yang artinya Wahai orang yang beriman , ingatlah dengan menyebut nama Allah (  berdzikir  ) dengan sebanyak-banyaknya . Dan bertasbihlah ( memuji ) kepada-Nya di waktu pagi dan petang “  QS Al Ahzab  41  -  42 . 

Bila kita mendekati Allah, maka Dia pun akan berbuat sama. Bila kita senantiasa ingat Allah, maka Dia pun akan berbuat sama. Bila kita menolong orang yang sedang dalam kesulitan, maka Dia pun akan berbuat sama terhadap kita .  

Allah swt berfirman yaitu , “  Fadzkurunii adz kurkum wasykuruulii  walaa takfuruun “  
Yang artinya , “  Ingatlah kepadaku, niscaya AKU ingat pula kepadamu . Dan bersyukurlah kepadaKU dan janganlah engkau mengingkarinya ( atas nikmatKU ) “  
QS Al Baqarah  152 .


Semoga saja kita semua dijauhkan dari perbuatan syirik, dan selalu ingat Allah dimanapun berada dan kemanapun pergi serta menjadi manusia yang selalu mensyukuri atas segala nikmat Allah yang telah Allah berikan kepada kita ……  Aaaaamiin ….  

Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu  fiikum ……  
Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar