Rabu, 25 Oktober 2017

KERUKUNAN BERTETANGGA .

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Bismillaahirrahmaanirrahiim .





Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Wahai saudaraku menurut Allah  teman terbaik adalah yang terbaik terhadap temannya . Dan tetangga terbaik adalah yang baik terbaik terhadap tetangganya .

Islam mengajarkan agar berbuat baik dan menghormati para tetangganya .

Bila tetangga meminta berhutang kepada anda, maka hutangilah  . Bila tetangga meminta tolong , maka tolonglah

Bila tetangga sakit maka tengoklah  . Bila tetangga meminta butuh sesuatu , maka berilah  . Bila tetangga kekurangan maka cukupilah

Bila anda berbahagia maka berbagilah dengan tetangga . Bila tetangga terkena musibah maka hiburlah

Bila tetangga meninggal dunia maka hantarkanlah jenazahnya  . Bila anda mau meninggikan bangunan atau pagar rumah anda, maka izinlah kepada tetangga

Bila anda memasak dan tercium bau masakannya oleh tetangga maka berilah mereka  . Bila anda membeli buah – buahan maka berbagilah dengan tetangga  . Janganlah mengundang kemarahan tetangga .

Adapun hak yang berhubungan dengan tetangga itu ada tiga yaitu 1 . hak tetangga ; 2. Hak kerabat dan 3 . hak sesama muslim bila dia itu masih kerabatnya sendiri .

Rasulullah saw bersabda, 
“ Demi  Allah tidak akan beriman , Demi  Allah tidak akan beriman . Demi  Allah tidak akan beriman “ . Seseorang bertanya  “ Siapakah ya Rasul ? “  Beliau bersabda , “ Orang yang tetangganya tidak aman dari bencana – bencana “ .  HR Bukhari Mulsim .

Sungguh dosa yang paling besar adalah mempersekutukan Allah , padahal Dia yang menciptakannya .  HR Bukhari & Muslim .

Sungguh dosa yang paling besar adalah membunuh anak karena dia takut member makan kepadanya .  HR Bukhari & Muslim .

Sungguh dosa yang paling besar adalah berzina dengan istri tetangga .  HR Bukhari & Muslim .

Semoga uraian  ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat membuka mata hati kita yang selama ini telah tertutup. Aaaaamiin.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
Wallaahu a’lam bish shawab


Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

1 komentar:

  1. Tetangga anda itu adalah saudara yang paling dekat dengan anda. Bila anda dengan tetangga dekat saja gak akur, apalagi dengan tetangga jauh.

    BalasHapus