Sabtu, 21 Oktober 2017

YUK KITA BELAJAR KEHIDUPAN DARI SEBUAH DOA

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Rabbanaghfirlanaa wali ikhwaa ninaa sabaquunaa bil iimaani walaa taj’al fii quluu binaa ghilal liladziina aamanuu , rabbanaa innaka ra’uufurrahiim

Artinya: Ya Rabb kami, berilah ampunan kepada kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu sebelum kami, dan janganlah Engkau membiarkan ada kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.

Wahai saudaraku agar doa ini bisa meresap di hati kita maka dita buat denga sistim dialog antara Manusia ( Man ) dan Allah ( God ) yaitu

Man  :  Ya Rabb kami, berilah ampunan kepada kami

God  :  Pasti AKU akan ampuni kalian tapi ada syaratnya yaitu
1. Akui dulu dosa- dosamu itu apa !  ; 
2. Sesali apa yang telah dilakukan oleh kalian ; 
3. Berjanji untuk tidak mengulanginya  ; 
4. Segeralah melangkah menuju pintu taubatKU yang KU buka siang dan malam . 
5. Banyak – banyak lah kalian berbuat kebaikan , karena kebaikan itu bisa menutup kesalahan  kalian .
Bila kalian melakukan ke lima hal tersebut maka walaupun dosa kalian sebanyak buih di lautan ataupun setinggi langit , pasti AKU ampuni, kecuali satu hal yang tidak mendapatkan ampunanKU , tahukah kalian apakah itu ?  Bila kalian telah mempersekutukan AKU ( berbuat syirik ) .

Man  :  dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu sebelum kami,

God  :  Kalian mendoakan orang lain maka sungguh itu hal yang paling AKU sukai. Urusan apakah mereka AKU ampuni atau tidak adalah urusanKU . Yang penting kalian sudah berbuat kebaikan untuk mereka dan itu merupakan amal kebajikan. Jangan khawatir AKU akan membalas kalian kelak di akhirat .

Man  :  dan janganlah Engkau membiarkan ada kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman .

God  :  AKU akan merubah kalian bila dalam hati kalian sudah ada niatan untuk merubahnya .  Jadi kalian sendirilah yang harus menghilangkan kedengkian yang ada dalam hati kalian. Bila kalian melakukan hal itu , maka barulah AKU akan menghilangkannya. Namun bila apa yang kalian minta hanya sebatas lisan kalian saja, maka jangan harap AKU akan melakukannya .  Apalagi bila kalian mendengki orang – orang yang beriman , maka urusannya adalah kalian akan berhadapan langsung denganKU . Dan AKU yang akan menyelesaikannya , bukan orang – orang yang kalian dengki .

Man  :  Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.

God  :  Apakah kalian memang sudah benar2 tahu bahwa AKU Maha Penyantun. Berarti kalian tahu kesantunanKU terhadap para hamba-KU , lalu kenapa kalian tidak mengikuti jejak langkahKU ?
Apakah kalian memang benar2 sudah tahu bahwa AKU Maha Penyayang ? Lalu mengapa kalian tidak menebarkan rasa sayang kalian terhadap sesama makhlukKU ? Yang ada itu banyak menebarkan kebencian, permusuhan, syirik ,  iri, dengki, ghibah , sombong, ego , kikir , berarti ucapan kalian atau doa kalian itu adalah dusta . Bahkan kalau boleh dibilang bahwa kalian itu telah menghinaKU. Lalu mana mungkin AKU mengabulkan do’a kalian ?

Wahai saudaraku semoga dengan uraian ini Allah membukakan mata hati kita yang selama ini telah tertidur pulas dan tertutup. Sehingga bisa terbangun dan terbuka atas izin dan ridoNya. Insya Allah  . Aaaaamiin.

Semoga uraian ini bermanfaat untuk kita semuanya. Insya Allah. Aaaaamiin.
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


1 komentar:

  1. Do'a itu ibadah . Do'a itu perisai hidup . Do'a itu senjata . Sayangnya kebanyakan hanya berdo'a namun tidak diiringi dengan perubahan sikap disesuaikan dengan do'a tersebut, mana mungkin do'a dikabulkan.

    BalasHapus