Jumat, 17 November 2017

MANFAATKAN HIDUPMU SEBELUM DATANG KEMATIANMU

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Bismillaahirrahmaanirrahiim .




Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Wahai saudaraku di akhirat Allah swt hanya menyediakan dua tempat tinggal yang kekal abadi dumianya kita sudah tahu semuanya yakni syurga dan neraka .

Syurga hanya khusus untuk orang –orang yang beriman sedangkan akhirat diperuntukkan bagi orang – orang yang tidak beriman .

Syurga penung dengan berbagai macam kenikmatan , sedangkan akhirat penuh dengan siksa dan azab yang mengerikan .

Allah swt berfirman di dalam QS Lukman  :  33 yaitu

“ Wa man kafara falaayahzunka kufruhu  “  Yang artinya  “  Dan barang siapa kafir maka kekafirannya itu jangan menyedihkanmu  “

“  Ilainaa marji’uhum faninab bi uhum bimaa ‘amiluu  “   Yang artinya  “  lalu Kami beritakan  kepada  mereka apa yang telahmereka kerjakan  “

“ Innallaaha’aliimun bidzaa tish shuduuri  “  Yang artinya “  Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati “

Wahai saudaraku kematian adalah sesuatu yang pasti dialami oleh yang bernyawa . Tidak ada seorangpun yang lolos dari kematian .

Namun sayangnya masih banyak manusia  yang melalaikan mati . Mereka tahu bahwa kelak akan mati. Tapi hanya sekedar tahu , sudah selesai, tidak ada tindak lanjutnya , artinya dia tidak percaya bahwa kematian itu ada .

Bila dia tahu dan yakin bahwa kematian itu ada, maka pasti sudah sejak dini segala sesuatunya dipersiapkan dengan baik agar ditempat yang baru itu bisa berbahagia .

Sungguh kematian itu datangnya secara tiba-tiba dan tak terduga . Sungguh banyak kejadian pagi masih bisa tertawa , siangnya mati.  Siang masih bercanda dengan keluarganya malemnya mati. 

Malemnya masih ngobrol, kemudian tidur. Tapi tidak bangun – bangun, ditengok ternyata sudah mati.

Oleh karena itu saudaraku mulailah sejak dini bekali diri untuk kehidupan akhirat . Apapun yang dimiliki gimana caranya bukan hanya untuk dunia saja , akan tetapi juga untuk akhiratnya .

Contoh sederhana beranikah anda mengeluarkan separuh dari harta kekayaan anda untuk dibagikan kepada fakir, miskin , anak2 yatim, kaum yang lemah, untuk menolong yang butuh pertolongan.
Dan yang separuh lagi untuk bekal kehidupan anda selama hidup di dunia .

Kayanya sih merasa keberatan , karena takut miskin, sengsara, gak bisa makan, kelaparan, sakit dsb. 
Sungguh semua itu adalah bbisikan syaitan , rayuan syaitan terlaknat .

Padahal harta benda separuh kekayaannya bila dibagikan , sebenarnya bukan dibagikan terus hilang menguap begitu saja .

Akan tetapi kelak bila anda meninggal dunia, semua harta yang dulu di dunia dibagi-bagikan , akan dikembalikan lagi kepada anda semua,

Bahkan pengembaliannya dilipat gandakan oleh Allah . Dan anda akan menjadi orang kaya di akhirat .
Sekarang  banyak manusia lebih memilih kaya di dunia daripada di akhirat .

Ada cara lain lagi seorang  kaya di negeri Arab punya kebun kurma  100 ha . Hasilnya selama 11 bulan dimanfaatkan untuk kehidupannya. Tapi di bulan Ramadhan, hasil kurma yang 100 ha itu dibagi – bagikan kepada orang lain . Ini juga salah satu bentuk penanaman kekayaan akhirat .

Karena kami sendiri menerima kiriman kurma itu dari Kuait seberat 500 kg  ( maaf nama tidak saya sebutkan ) dan uangnya  40 dirham dikirim melalui Western Union .

Kurma itu harus kami bagikan semuanya kepada fakir, miskin, anak2 yatim, kaum dhuafa’ sebelum Ramadhan tiba harus habis.

Lama pengiriman kurma dari Kuait sampai ke Cirebon Jawa Barat itu adalah sebulan dan seminggu sebelum Ramadhan tiba barang sudah dating .

Setelah saya tanyakan dia kirim kurma ke Indonesia itu ke Jakarta, Bandung, Cianjur, Indramayu, Majalengka jumlah semuanya 10 ton itu dalam setahun.

Untuk itu mari kita bikin tabungan akhirat sesuai dengan kemampuan kita masing – masing sebelum dia dating .

Rasul menganjurkan kepada kita semua jangan sampai melupakan mati , bahkan harus  banyak mengingatnya . Baik dalam keadaan suka maupun duka, lapang atupun sempit .

Sebab orang yang banyak mengingat mati , maka pasti akan banyak melakukan kegiatan amal saleh dan ibadah lainnya .

Rasulullah saw bersabda, “ Banyak – banyaklah mengingat mati , karena sesungguhnya ingat kepada kematian bisa menghibirmu dari sesuatu selainnya “  HR Ibnu Abid Dun ya

Semoga uraian singkat ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat membuka mata hati kita yang selama ini telah tertutup. Aaaaamiin.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
Wallaahu a’lam bish shawab


Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar