Sabtu, 18 November 2017

MEMPERINDAH RUMAH DUNIA, MELUPAKAN KUBURAN

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Bismillaahirrahmaanirrahiim .




Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Wahai saudaraku sebenarnya Rasulullah saw merasa senang bila umat Islam itu kaya semuanya . Bisa membangun gedung atau rumah megah , harta banyak dll.

Akan tetapi dengan hal itu semua jangan sampai lupa kepada rumah terakhir yaitu kuburan . Rumah kita di dunia gedungnya besar, megah, ber AC, terang benderang.

Tapi begitu kita wafat , anda tahu sendiri kan bentuk rumah dan ukurannya seperti apa . 

Di dunia mobilnya mewah Ferrarry , Lamborgini , Mercy.  Setelah kita wafat tahu kan kendaraan yangnaikinya seperti apa ?

Di dunia kita banyak sanak family, sahabat handai taulan , setelah kita wafat siapakah teman kita di tempat yang baru. Tidak ada sama sekai, hanya sendirian, kecuali amalnya .

Wahai saudaraku kuburan itu merupakan tempat  persinggahan awal sementara untuk menuju kampung akhirat  .

Kuburan itu adalah penentuan untuk ke perjalanan berikutnya . Bila di kuburan sukses , senang, bahagia, maka perjalanan berikutnya akan semakin menyenangkan .

Sebaliknya bila di kuburan saja sudah mendapatkan berbagai macam azab kubur , maka perjalanan berikutnya akan sangat mengerikan .

Wahai saudaraku mari kita simak dua Hadist rasulullah saw berikut ini. Dan semoga dengan Hadist ini 

Allah membukakan hati kita yang selama ini telah tertutup , dapat menyadarkan diri kita yang selama ini telah menjauhiNya. Sehingga bisa kembali mendekatiNya .

Rasulullah saw bersabda, 
“ Kuburan itu erupakan awal dari tempat – tempat di akhirat . Apabila orang selamat dari siksa kubur , maka lebih selamat lagi keadaan seterusnya “

Sayyidina Ustman bin ASffan ra sahabatrasulullah saw bila melewati kuburan , selalu berhenti sejenak , bertafakur dan tanpa terasa air matanya meleleh .

Walau aku sahabat Nabi saw , apakah aku akan selamat ketika aku seperti mereka yang saat ini tidak tahu keadaannya , 

apakah mereka sedang menanggung banyak siksa kubur ataukan mereka banyak menikmati berbagai macam nikmat kubur. Aku akan berada di mana ?

Rasulullah saw bersabda, “ Kuburan itu merupakan permulaan tempat dari tempat – tempat di akhirat dan tempat -  tempat terakhir  di  dunia “

Semoga uraian singkat ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat membuka mata hati kita yang selama ini telah tertutup. Aaaaamiin.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
Wallaahu a’lam bish shawab


Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar