Rabu, 31 Januari 2018

HIDUP HANYA SEHARI .

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.



Kenapa manusia terlalu sibuk hanya memikirkan duniawi saja , tak ada siang ataupun malam . Layaknya mesin saja kerja tiada henti . 

Kalau mesin rusak , itu ada gantinya, tapi kalau fisik manusia rusak , di toko tidak ada yang menjual
onderdilnya .  Jangankan onderdil  tubuh ,  SEHAT saja tidak dijual di toko manapun.

Untuk itu manfaatkan hidupan anda itu selagi masih diberikan panjang umur untuk menanamkan amal kebajikan, amal soleh yang Allah ridoi .

Bila anda hidup larut dalam kesedihan , maka akan sia-sialah waktu yang telah diberikan Allah swt. 

Sedangkan waktu yang sudah berlalu itu tidak akan bisa terulang kembali . 

Untuk menyelamatkan diri anda agar bisa berbahagia dunia akhirat , maka  sebaiknya anda jadikan bahwa hidup anda itu hanya sehari. Kenapa seperti itu ?

Agar anda jangan membuang waktu yang sehari itu untuk marah – marah ,  jengkel, penasaran, curhat kesana kemari yang semuanya itu negative thinking. Sekarang anda harus mampu mengubahnya menjadi positif thinking .

Karena dibuat hidup hanya hari ini saja, maka tidak perlu banyak mengingat masa lalu .  Dan jangan pula was – was dengan masa yang akan datang .

Artinya yang lalu telah berlalu , dan harapanpun masih ghaib. Maka anda pasti masih punya waktu dimana anda harus ada.

Adalah sebuah perbuatan yang bodoh bila masih saja mengingat masa lalu.  Juga suatu perbuatan yang tolol bila  masih meratapi  kembali kegetiran hidup yang pernah terjadi.

Bila hal itu masih saja anda lakukan maka tidak akan merubah keadaan jadi  membaik, bahkan yang terjadi sebaliknya akan semakin buruk .

Pepatah China mengatakan , “ JANGAN DULU MENYEBRANGI JEMBATAN  SEBELUM ANDA SAMPAI DI JEMBATAN TERSEBUT “

Artinya janganlah bersikap apriori terhadap segala kejadian yang belum terjadi  sampai anda benar – benar mengalami dan merasakannya sendiri .

Mari kita renungkan ucapan ulama salaf , “  Wahai anak Adam , hidupmu  hanya tiga hari saja . hari kemarin telah berlalu , tidak akan bertemu kembali . Hari Esok masih dalam genggaman Allah swt.  
Hari ini dimana anda hanya satu yakni hanya bertakwa kepada Allah swt “

Untuk itu  jika pagi tiba ,  segeralah berbuat jangan menunggu sore .  Dan jika sore tiba maka segeralah berbuat jangan menunggu pagi .

Keimpulannya adalah batasilah angan – angan anda  , dan berbuatlah yang terbaik  sesuai dengan keahlian dan kesanggupan anda masing – masing .

Jangan sampai anda akan berbuat  masih ditunda-tunda, karena ajal anda akan  dijemput secara tiba –  tiba .

Janganlah larut dengan kecemasan di luar hari ini . Kerahkan segala kemampuan anda  untuk hari ini .  
Berbuatlah semaksimal mungkin  dan pusatkan konsentrasi anda untuk melakukan sesuatu dengan cara meningkatkan kualitas moral , menjaga kesehatan dan memperbaiki hubungan dengan sesama  manusia .

Semoga uraian ini bisa memotivasi kita  khususnya kepada mereka yang saat ini dalam keadaan terpuruk .

Walloohua’lam bish shawab .

Wasslamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar