Minggu, 29 April 2018

SHALAT MALAM AMALAN ORANG SHOLEH .


BANGUN SHALAT MALAM [ QUYAMUL LAIL ]

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Qiyamullail adalah amalan orang – orang sholeh sebelum kita, mereka giat melakukannya di saat orang lain sedang tidur nyenyak .

Bahkan ada di antara mereka bila tidak shalat malam semalam saja , sekujur tubuhnya terasa sakit .

Bila tidak shalat malam sekali menyesalnya di saat bangun tidur itu sangat luar biasa , seperti makan sayur tanpa garam .

Rasulullah saw bersabda:

Hendaklah kalian melaksanakan qiyamul lail (shalat malam) karena shalat malam adalah kebiasaan orang sholih sebelum kalian dan membuat kalian lebih dekat pada Allah.Shalat malam dapat menghapuskan kesalahan dan dosa”.

Shalat lail adalah sholat yang sangat ditekankan oleh Rasulullah saw  bahkan termasuk sholat sunnah yang paling afdhal setelah sholat 5 waktu (Wajib)  . 

Rasulullah mewasiatkan sholat lail ketika pertama kali beliau tiba dimadinah setelah peristiwa hijrah dari makkah, sebagaimana disebutkan dalam hadist:

Dari ‘Abdullah bin Salam, ia berkata:

“Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam datang ke Madinah, orang-orang segera pergi menuju beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam (karena ingin melihatnya). Ada yang mengatakan: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam telah datang, lalu aku mendatanginya ditengah kerumunan banyak orang untuk melihatnya. Ketika aku melihat wajah Rasulullah saw , aku mengetahui bahwa wajahnya bukanlah wajah pembohong. Dan yang pertama kali beliau ucapkan adalah, ‘Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikan makan, sambunglah silaturrahim, shalatlah di waktu malam ketika orang-orang tertidur, niscaya kalian akan masuk Surga dengan selamat“. 

(HR. At-Tirmidzi (no. 2485); ad-Darimi (I/340); Ibnu Majah (no. 1334 dan 3251).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar