Senin, 29 Oktober 2018

SEMUA KEJADIAN ATAS IZIN ALLAH .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Sekecil apapun pristiwa yang terjadi adalah atas seizin Allah swt , walaupun hanya selembar daun kering yang lepas dari rantingnya .

Untuk itu sadarilah bahwa apapun yang datang ke kita itu sudah diatur oleh Allah swt, cocok tidak cocok, suka tidak suka semuanya dari Allah swt.

Allah swt berfirman yaitu  ,

“ Laqod kaana fii qoshoshihim ‘ibrotun li ulil albaabi “

Yang artinya adalah  ,

“ Sesungguhnya dalam kisah – kisah mereka ada pelajaran buat orang yang mempunyai akal “

QS Yusuf [ 12 ]  :  111 .

Kisah – kisah mereka itu adalah para Nabi dan Rasul Allah.

Nabi Yusuf as dikenal dengan ketampanannya dan kesabarannya. Dia tidak dendam kepada sebelas saudaranya yang akan membunuhnya dngann memasukkannya ke dalam sumur .

Kemudian difinah oleh wanita sebagai istri penolongnya dituduh berbuat zina dengan nya . 

Walau beliau benar , tapi beliau rela dimasukkan ke penjara untuk menutupi aib penolongnya .

Selain itu Nabi Yusuf as dikenal kejujurannya , bagaimana dia mengelola keuangan Negara sehingga negri itu menjadi makmur dan bisa menolong negri tetangganya yang sedang kelaparan.

Nabi Musa as dikenal dengan ketegasannya dalam menghadapi Fir’aun dan para pembesarnya yang ajkhirnya semuanya ditenggelamkan oleh Allah di laut merah.

Yang paling berat adalah nabi Nuh as dimana cobaan itu bukan saja dari luar, akan tetapi dari keluarganya sendiri, termasuk Kan’an putranya yang tidak mau menyembah Allah swt , akhirnya ditenggelamkan oleh Allah swt.

Nabi Yunus as karena tidak mampu memegang amanat Allah akhirnya dilemparkan ke laut dan ditelah oleh ikan paus, sampai pada akhirnya dikeluarkan lagi setelah menyesali perbuatannya dan bertaubat kepada Allah swt.

Nabi Adam as dan istrinya Siti hawa karena melanggar larangan Allah swt akibat oleh bujuk rayu Iblis , maka diturunkan ke dunia. 

Dan beliaupun menyesali atas perbuatannya, lalu betobat kepada Allah.  Dan Alhamdulillah tobatnya diterima oleh Allah as.

Nabi Isa as masih bayi saja ibunya sudah diuji oleh manusia karena tidak mungkin seorang ibu melahirkan anak bila tidak ada hubungan dengan suaminya. 

Maka atas izin Allah walaupun Nabi Isa mash bayi, beliau pandai bicara, dan menjelaskan dengan sejalas - jelasnya kepada mereka yang telah menuduh ibunya berbuat zina.

Kita bisa bayangkan seorang bayi yang baru lahir beberapa hari bisa bercerita panjang lebar tentang keadaan dirinya dan ibunya. Subahanallah .

Nabi Ibrahim as duji oleh Allah agar menyembelih putra kesayangannya sendiri Nabi Isma’il as.

Kesimpulan dari semua peristiwa itu bisa dijadikan I’tibar, yaitu selama kita mentaati Allah, maka Allah pasti akan menyelamatkan dan melindungi kita semua . 

Namun bila kita mengingkarinya, banyak berbuat keburukan, kezaliman, maksiat maka pelindungnya adalah syaitan terlaknat dan Iblis tekutuk. Wallaahua’lam

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar