Rabu, 30 Januari 2019

JAGALAH KATA KATAMU


Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Wahai saudaraku walau lidah tak bertulang hendaknya saat akan bicara pikirkan dulu , jangan sampai kalimat yang keluar mulut bisa menyakiti orang lain .

Kalimat yang sudah keluar dari mulut  itu tidak bias ditarik masuk kembali . Ucapan kita adaah pribadi kita, akhlak kita an ilmu kita.

Wahai saudaraku, marilah kita lebih berhati-hati dalam menjaga lisan. Karena orang yang tidak bisa menjaga lisannya, maka hidupnya akan menjadi sumber masalah.

Akan tetapi orang yang bisa menjaga lisannya, maka hidupnya akan selamat dan dia pun menjadi jalan keselamatan bagi orang lain.

Kualitas seseorang merupakan tolak ukurnya bias dilihat dari lisannya.

Banyak contoh apa yang sedang terjadi di Indonesia adalah disebabkan lisan yang tidak terjaga.

Termasuk juga tulisan, karena tulisan adalah salah satu ekspresi dari lisan. Lisan dan tulisan hampir sama dalam hal fungsi dan efek yang ditimbulkannya, jika tidak dijaga, tidak dipelihara, tidak dipikirkan dulu, asal ceplas ceplos saja, maka bisa berakibat hal yang tidak baik.

Tidak setiap yang ingin dibicarakan perlu dibicarakan, tidak setiap yang ingin dikatakan, harus dikatakan.

Ucapan itu seperti anak panah yang direntangkan pada busurnya. Sebelum dilepaskan maka tahan dulu, sebelum diucapkan maka pikirkan dulu.

Sebelum dilepaskan maka bidik dulu, sebelum dikatakan maka pastikan dulu. Supaya ucapan kita tepat sasaran, yaitu ucapan kita diridhoi Allah Swt.

Setiap mau mengatakan sesuatu, pikirkanlah dahulu apakah perkataan ini penting  ?  Jika penting, apakah perlu untuk disampaikan 

Apa manfaatnya, karena bisa jadi perkataan yang benar tapi tidak manfaat disebabkan waktu yang tidak tepat atau situasi yang tidak pas.

Wahai saudaraku, ciri orang beriman adalah senantiasa memelihara lisannya.

Semoga kita termasuk orang yang semakin terampil mengelola kalimat kaimat kita agar terhindar dari ucapan yang mengandung dosa, menyakiti orang lain
atau tiada berguna. 

Semoga uraian ini  bermanfaat untuk kita semua. Insya Allah . Aaaaamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar