Senin, 27 Mei 2019

BERSERAH DIRILAH HANYA KEPADA ALLAH.


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Allah swt berfirman yaitu ,

“ Lahul da’watul haqqi . wal ladziina yad’uuna min duunihii yaa yastajiibuuna lahum bi syai in illaa kabaasithi kaffaihi ilal maa I liyab lughoo faahu wa maa huwa bibaalighihii . wa maa du’aa ul kaafiriina illaa fii dholaalin “

Yang artinya adalah ,

“ Hanya bagi Allah lah [ hak mengabulkan ] do’a yang benar dan berhala – berhala yang mereka sembah selain Allah tidak memperkenankan sesuatupun bagi mereka , melainkan seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air supaya sampai air itu sampai kemulutnya. Dan do’a [ ibadah ] orang – orang itu hanyalah sia – sia belaka “.

QS Ar Ra’d [ 13 ] : 14.

Melalui ayat ini memperingatkan kita semua dengan gaya bahasanya yang amat halus , sehingga tidak sampai menyinggung perasaan bagi yang membacanya.

Namun sesungguhnya isi daridapa firman tersebut adalah sangat keras dan sangat membahayaka bagi yang mengabaikan peringatanNya itu yaitu.

1.Jangan menjadi manusia yang tak berguna di dunia ini tapi jadilah manusia yang bermanfaat bagi dirinya, bagi Allah dan bagi orang lain ;

2. Jangan berbuat yang tidak ada manfaatnya , tapi berbuatlah sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain ;

3. Manfaatkan hidup yang sudah diberikan oleh Allah itu untuk banyak menanam amal soleh yang Allah ridoi  ;

4. Jangan mengikuti langkah – langkah orang bodoh yaitu yang masih percaya terhadap selain Allah . Karena langkah mereka itu merupaka langkah setan  ;

5. Sekecil apapun atau sebesar apapun kebutuhan manusia , yang menentukan segala sesuatunya hanyalah Allah swt.

6. Oleh karena itu langkah yang terbaik adalah sandarkan hidup kita hanya kepada Allah swt . Mintalah tolong hanya kepada Allah swt . Sembahlah Allah sesuai dengan aturan Allah , bukan semuanya sendiri.

7. Berserah dirilah kepada Allah bila segala sesuatunya telah dikerjakan , agar tidak terpengaruhi oleh para setan terlaknat dan terkutuk , baik yang nampak [ manusia ] maupun yang tidak Nampak.

8. Ingat baik – baik tugas setan adalah menyesatkan manusia dari jalan yang benar  selama dunia ini masih ada.

9. Mengapa setan tidak akan mati selama dunia masih ada ? Tujuannya adalah untuk menguji manusia siapa saja yang taat kepada Allah swt dan siapa saja yang mengingkariNya .

Kesimpulan daripada ayat tersebut di atas adalah janganlah menjadi orang yang bodoh. Karena perbuatan orang yang bodoh itu tidak ada manfaatnya bagi dirinya sendiri , apalagi untuk orang lain . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar