Selasa, 12 Mei 2020

JAGALAH DAN PELIHARALAH PANDANGANMU DAN AURATMU .

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Alhamdulillaahirrahmaanirrahiim.  Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad .

Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’iin  .

Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minadz dzoolimiin.
Ya ayyuhal adziina aamanut taqullooha , haqqo tuqootihi wa antum muslimuun
Amma ba’du ;

Mutiara Hikmah dibalik QS An Nuur ayat 30 - 31 .
JAGALAH DAN PELIHARALAH PANDANGANMU DAN AURATMU .

Allah swt berfirman yaitu ,
" Qul Lil mu'miniina yaghudhuu min abshaa rihim wa yahfadzuu furuu jahum ........ "
Yang artinya adalah ,
" Katakanlah kepada lelaki yang beriman agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya ........ " .
QS An Nuur ( 24 ) : 30 .
Melalui ayat di atas Allah swt memperingatkan kita semua melalui Rasulullah saw bersama Al Qur'an yang beliau bawa yaitu

Khusus untuk para lelaki bila ingin menjadi orang-orang yang beriman maka

1. Mereka harus menjaga dan memelihara kedua matanya dari segala hal yang diharamkan oleh Allah , yang diharamkan oleh syariat agama.

2. Dari kedua mata kita bisa menjadi mediasi mendekatkan diri kita kepada Allah kalau banyak melihat tanda tanda Kebesaran dan Kekuasaan Allah swt.

3. Dari kedua mata kita bisa mendatangkan banyak pahala bila kita senantiasa mampu menjaga dan memelihara dari segala sesuatu yang diharamkan oleh Allah swt dan oleh syariat agama .

4. Dari kedua mata kita pula bisa mendatangkan banyak dosa bila pandangan kita banyak digunakan hanya untuk memperturutkan hawa nafsu syahwat .

5. Dari kedua mata kita pula bisa menjadi sumber segala dosa bila banyak digunakan untuk memandang apapun yang diharamkan oleh Allah swt .
6. Allah pun juga mengingatkan kita , selain kedua mata juga tentang kemaluan kita yang intinya adalah jangan mendekati perbuatan zina .

7. Yang namanya zina itu bukan terjadinya hubungan lelaki dan wanita tanpa ikatan resmi ( belum nikah melalui KUA ) . Mata juga bisa berbuat zina yaitu saat melihat sesuatu lalu timbul nafsu syahwatnya.

8. Jadi zina bisa terjadi kapan saja bila timbul nafsu syahwat apakah melalui kedua mata , telinganya , tangannya dengan meraba raba, kaki melangkah ke tempat yang dilarang oleh Allah swt .

Peringatan ini bukan hanya untuk lelaki tetapi juga untuk kaum wanita bila ingin menjadi wanitabyang beriman sebagaimana firman Allah berikut ini ,

" Wa qul Lil mu'minaati yaghdhudh na min abshaa rihim hinna wa yah fadzna furuu jahunna walaa yubdiina ziinatahunna illaa maa dzahara minhaa wal yadh ribna bikhumurihinna........"

Yang artinya adalah ,
" Dan katakanlah kepada kaum wanita yang beriman agar menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya , dan jangan menampakkan perhiasannya ( auratnya ) , kecuali yang biasa terlihat......." .
QS An Nuur ( 24 ) : 31 .

Melalui ayat ini Allah swt melanjutkan peringatannya yang sekarang adalah untuk kaum wanita/perempuan agar

A. Mereka juga harus bisa menjaga pandangan kedua matanya dari hal hal yang bisa menimbulkan hawa nafsu , terutama aurat.

B. Itulah khusus untuk kaum wanita agar mampu menjaga dirinya dengan menutup aurat diri pribadinya .

C. Karena wanita selain menutup untuk menjaga aurat , Pake perhiasan pun boleh asalkan niatnya agar suami semakin senang dan betah memandang dirinya.

D. Bila pakai perhiasan termasuk aurat dipamerkan agar mendapatkan pujian dari orang lain bukan muhrim sendiri. Inilah suatu perbuatan yang akan mencelakai diri.

E. Secara tidak langsung menantang bahaya artinya siap menerima akibat perbuatannya.

F. Itulah makanya banyak terjadi perzinahan , perkosaan baik di kalangan kaum tua dan juga banyak terjadi pada muda mudi , sampai terjadi pula pada anak anak yang dibawah umur , belum temaja , apalagi dewasa .

Oleh karena itu Allah menyarankan agar kita banyak bertobat kepada Allah swt ( tuubuu ilallaahi ) agar kita semua menjadi orang yang beruntung di sisi Allah ( la'allakum tuflihuun ) .

Semoga kita semua mampu menjaga keluarga kita dari panasnya api neraka , terhindar dari perbuatan zina. Insya Allah . Aaaaamiin.

BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILAHI

Subhanallah wabihamdihi Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa'atuubu Ilaik .

Semoga bermanfaat  . Wallaahua'lam .
        Wassalamu’alaikum warahmatullaahi waarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar