Kamis, 24 Januari 2013

PENYEBAB GELAPNYA HATI

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Para sahabat sekalian hati adalah segala-galanya bila hati resah gelisah,makanpun tak enak,tidurpun tak nyenyak, apalagi kalkau diberi kebenaran menolak dinasehati malah pergi, diajak ke jalan yang baik  malah membalik, Orang semacam ini lah yang disebut hatinya sudah gelap. Apakah itu terjadi secara alami atau dengan sendirinya atau ada faktor lain ? Ya jelas ada tapi bukan dari orang lain melainkan dari dirinya sendiri.

Rasulullah saw bersabda, "Sesuatu yang paling aku khawatirkan atas dirimu ada 2 yaitu : memperturutkan kenhendak hawa nafsu dan banyak berkhayal. Memperturutkan kehendak hawa nafsu berarti menjauhi kebenaran, sedangkan banyak lamunan dapat mendorong seseorang untuk mencintai dunia" (H.R Abu Dunya).

Panjangnya angan-angan adalah mencintai sesuatu yang diperkirakan sulit untuk diraih. Oleh karena itu yang menyebabkan hati gelap adalah :
a. perut yang terlalu kenyang, memakan makanan secara berlebihan;
b. bertemannya bersama orang-orang yang zalim;
c. berbuat dosa itu  dianggapnya hal biasa jadi tidak pernah difikirkan bahwa itu akan merugikan diri sendiri;
d. banyak berkhayal.

Barakallahufiikum.......... salam santun dari kami kepada para sahabat sekalian.........andaikan ada salah ucap itu dari kami, dan kami memohon ampun kepada Allah.
Semoga tulisan ini dapat membuka hati kita yang telah lama terkunci........dan mari kita bersihkan dan sucikan hati, jiwa dan akal fikiran kita dengan mengucap  ALLAHU AKBAR SUBHANALLAH SUBHANAKALLAHUMMA WABIHAMDIKA ASYHADU ALLA ILAAHA ILLA ANTA ASTAGHFIRUKA WA'ATUUBU ILAIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar