Kamis, 31 Januari 2013

SERAHKAN DIRI KEPADA ALLAH KE 3

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Para sahabat sekalian kita jumpa lagi dengan BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR'AN , marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah swt atas limpahan karuniaNya kepada kita semua.

Semoga solawat dan salam ta'zim kami ,Allah sampaikan kepada kekasihNya, rasulNya, makhluk yang paling mulia di alam dunia dan suri tauladan bagi kita semua Nabiyullah Muhammad Rasulullah saw, kepada keluarganya, kepada para sahabatnya dan kepada para pengikutnya yang masih setia sampai saat ini dan Insya Allah kita termasuk di dalamnya.



Sahabatku semua marilah kita kaji Firman Allah di alam Al Qur'an
, Q.S Lukman 31 : 33 yaitu :

"Yaa ayyuhannaasut takuu robbakum wakhsau yaumallaa yajzii waalidun 'awwaladihii walaa mauluudun huwa jaazin 'awwalidihii  syaian. inna wa'dallaahi haq. falaa taghurronnakumul hayaatud dunyaa walaa  yaghurronnakum billaahil ghoruur"

yang artinya sebagai berkut :

" Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutlah pada suatu hari yang ( pada hari itu ) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya dan sorang anak tidak bisa menolong bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya janji Allah itu benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan ( pula ) penipu ( syaitan ) memperdayakan kamu dalam ( mentaati ) Allah."

Sahabatku semuanya Allah selalu mengingatkan kita agar selalu bertakwa kepadaNya, menjalani segala perintahNya dan menjauhi apa yang menjadi laranganNya. Mengapa demikian ? Itulah Kasih Sayang Allah yang telah Dia tunjukkan kepada kita agar kita semua tidak menjadi orang yang celaka, agar kita menjadi manusia yang diharapkan olehNya. Banyak yang mengakju dirinya bergama Islam ,tapi sayang Islamnya hanya di mulut saja, syahadat taihudi tidak dipahami dan syahadat rasulnya pun tidak dijalani dalam kehidupan sehari-hari . Apa buktinya, masih banyak manusia percaya pada kekuatan mistik, masih banyak manusia yang datang ke kuburan yang dianggap memiliki karomah ,pada hal semuanya itu dari Allah, datangnya ke kuburan sebenarnya untuk mengingatkan kita bahwa pada suatu saat kita akan menyusul mereka. yang perlu difikirkan apakah bekalnya agar kita di alam sana bisa bahagia ?.Baik karomah maupun kekuatan itu semuanya milik Allah, siapapun yang diberi kelebihan itu sebenarnya salah satu ujian Allah yang diberikan kepadanya, kalau dia bisa membawanya, bisa memeliharanya sesuai kehendak Allah maka yang di dapat dalah pahala, namun apabila yang terjadi sebaliknya maka yang didapat adalah laknat dari Allah swt.

Kemudaian Allah mengingatkan kita bahwa kita harus takut kepada satu hari dimana bapak tidak bisa menolong anaknya ,dan sebaliknya anak juga tidak bisa menolong bapaknya.Hari apakah itru ? Tidak lain dan tidak bukan yaitu Hari Kiamat, itu kalau secara umum. Kalau secara individu adalah kematian seseorang.. Semuanya Allah kasihkan kepada manusia, segala kebutuhan manusia dipenuhi, segala kesenangan manusia dituruti, segala keselamatan manusia dijamin, segala ancaman atau bahaya yang datang kepada manusia Allah lindungi, akan tetapi ada satu yang tidak diberikan kepada manusia yaitu kematian. Kita tidak tahu dalam usia berapa kita mati, tanggal bulan dan tahun berapa kita mati, dimanakah kita akan mati, hari apakah kita mati dan jam berapakah kita mati dan bagaimanakah saat kita mati. Sungguh semua ini tidak ada yang tahu. Yang mengetahuinya hanya Allah swt, artinya apa ? Kita harus siap menerimanya saat dia (kematian) datang, suka atau tidak, suka , siap atau belum siap. Kalau malaikat maut datang maka kita sudah bersiap dengan segala bekal yang akan dibawa kelak agar kita berada di dalam kenikmatan yang diridoi Allah. Apabila roh berpisah dengan jasad, maka putuslah segala bantuan dari manapun dan dari siapapun kecuali ada tiga hal yang bisa membantu kita yaitu : ilmu yang bermanfaat, amal zariah, dan anak yang soleh. Itulah semuanya yang akan membantu kita di alam kubur maupun kelak di akhirat.

Aakan tetapi sungguh sangat disayangkan sahabatku semua setelah mengantarkan ta'ziyah kepada yang meninggal. Sepulang dari kuburan, sepertinya tidak terjadi apa-apa, biasa saja. Pada hal waah, kalau dikaji banyak bener tuh, misalnya jabatan setinggi apapun dia tinggalkan, istri yang cantik dia tinggalkan, anak-anak yang cakep dia tinggalkan, harta yang banyak dia tinggalkan, rumah gedong yang bagus, dia tinggalkan, dia hanya menempati tempat yang baru yang berukuran 2 x 1 meter dengan kedalaman 1,5 atau 2 meter. Dia dalam kesendirian. Saat di dalam kandungan sendirian, saat lahir juga sendirian, saat meninggal juga di alam kubur sendirian, dan saat ditanyai pertanggung jawaban atas apa yang telah dikerjakannya juga sendirian. tidak ada teman atau siapapun yang membantu kecuali yang tiga hal tersebut dia atas Subhanallah.

Sahabatku semua Allah juga telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk kita semua, karena Allah telah memberikan tugas kepada kita semua, dan telah menjanjikan kepada kita semua bahwa yang taat kepadaNya akan mendapat imbalan dan yang tidak taapun akan mendapat imbalan, sesuai atas apa yang kitra kerjakan. Baik buruknya kita, kesalahan kita , dosa kita semuanya dipikul di pundak kita masing-masing, tidak ada yang dirugikan oleh Allah sedikitpun. Dan ingat !!! Janji Allah itu benar, Dia tidak pernah ingkar janji kepsds siapapun !.

Sahabatku semua jangan lupa apa yang pernah dialami oelh Nabi Adam itu jasngan terjadi kepada kita, Allah telah memberi contoh apakah akibat yang terjadi apabila kita melanggar aturan Allah..Dan apa yang akan dialami apabila kita mentaatiNya.

Ya Allah Ya Rabb semoga kita tidak menjadiu manusia yang rugi, tidak menjadi manusia yang celaka, tetapi betul-betul menjadi manusia sesuai dengan yang Engkau harapkan. Untuk itu Ya Rabb, beri kami taufikMu, hidayahMu, inayahMu dan aunahMu kepada kami semua agar kami selalu berjalan di jalanMu yang lurus, jalan yang telah Engkau berikan kepada umat-mat terdahulu, bukannya jalan yang akan menjadikan Engkau murka kepada kami semua, dan juga bukannya jalan yang akan menyesatkan kami semua. Ya Allah kabulkanlah permohonan kami semua . Aaaaamiin.

Barakallaahufiikum.............. salam santun dari kami untuk para sahabat semuanya, semoga tulisan ini dapat membukakan hati kita yang selama ini telah terkunci ........... dan semoga tulisan ini bermanfaat buat kita semua dan dapat diambil hikhahnya......Andaikan ada tulisan atau ucapan yang salah, mutlak itu kesalahan kami dan..........kami memohon ampunanmu Ya Allah........Dan marilah kita memohon ampunan kepada Allah, bertobat dan berserah diri kepada Allah dengan mengucapkan

Laa ilaaha illallaah , Muhammadurrasuulullaah saw. Allahu Akbar Subhanallah.  Subhanakallahumma  Wabihamdika  Asyahadu alla ilaaha illa anta astanghfiruka wa'atuubu ilaik.

Wasaalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar