Kamis, 31 Januari 2013

SERAHKAN DIRI KEPADA ALLAH KE 4

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Para sahabatku semuanya marilah sebelum mengawali kegiatan kita , wajib bagi kita untuk mensyukuri segala nikmat Allah yang telah kita nikmati bersama. Mengapa demikian  ? Jangan sampai oleh Allah kita di cap sebagai manusia yang tidak tahu diri, enak saja kalian menikmati pemberianKu sementara segala perintahKu banyak yang diabaiakan, pada hal kalau kalian yang berada di duni beriman semua kepadaKu, sungguh tidak akan memperakaya Aku, atau pun kalian semua yang ada di diunia menentang Aku semua, memusuhi Aku semuanya, sungguh tidak akan membuat Aku takut dan repot. Andaikata kalian beribadah kepadaKu juga untuk kalian sendiri dan andaikan tidak mau ibadahpun juga untuk diri kalian sendiri. Aku hanya memberikan jalan kehidupan bagaimanakah agar kalian selamat hidup di dunia dan mendapatkan kesenangan dan kebahagiaan di akhirat nanti, ityu saya, lain tidak..


Semoga solawat dan salam ta'zim kami Engkau sampaikan kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, yang merupakan suri tauladan kami di dalam menjalani kehidupan sehari-hari,  yang merupakan utusanMu dan sekaligus sebagai kekasihMu., juga tidak lupa untuk kelarganya, para sahabatnya dan tidak ketinggalan untuk para pengikutnya semua sampai akhir zaman.

Para sahabatku sekalian tugas kita manusia  hanya mentaati Allah, menjauhi larangan Allah, hanyha menyembah Allah, hanya pasrah kepada kebijaksanaan Allah, hanya bersabar menunggu ketetapan Allah setelah segala sesuatunya dikerjakan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu mari dekatkan diri kita kepada Allah. Perangilah sifat-sifat buruk yang ada di hati kita masing-masing  yang kesemuanya itu akan membinasakan pribadi kita, bersihkan hati jiwa dan akal fikiran kita dari segala noda dan dosa yaitu : 1. Kikir yang diikuti ; 2. memperturutkan hawa nafsu dan 3. sombong/ego ,mau menang sendiri.

Perhatikan Firman Allah berikut ini Q.S Ali Imran 2 : 26 yaitu :

"Qullillahumma maalikalmulki tu'til mulka man tasyaa'u wa tanji'ul mulka mimman tasyaa'u watu'izzu man tasyaa'u wa tudzillu mantasyaa'u biyadikal khair.  Innaka 'alaa kulli syain qodiir."

 Yang artinya sebagai berikut :

Katakanlah : "Wahai Tuhan Yang Memiliki kerajaan, Engkau akan berikan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu"

Para sahabat sekalian dari ayat di atas yang dimaksud kerajaan disini banyak diantaranya kedudukan,kekuasaan,kekuatan,kesejahteraan,keselamatan,keberanian, dll semuanya akan Allah berikan kepada siapa saja sesuai dengan kehendakNya. Oleh karena itu janganlah kita memandang rendah kepada siapapun. Kalau ternyata orang yang kita hadapi itu lebih tinggi kedudukannya doakan semoga apa yang telah diberikan Allah tidak disalah gunakan, dan andaikan yang dihadapi kita lebih rendah, maka doakan dia agar diberikan tambahan kesabarann dan ketawakalan, apa efek dari yang kita ucapkan. Kita akan merasa tenang dan tenteram juga senang. Sebaliknya Allah bisa saja mencabut atau menurunkan jabatan seseorang, padahal orang tersebut tidak punya kesalahan. Dan bagi orang yang pendek pikiran Waaah, pasti aku ini dikerjain orang, karena ini atas kedudukanku, pada hal yang sebenarnya tidak seperti tiu menurut Allah, semuanya sudah diatur oleh Allah.  Selain itu Allah bisa saja memuliakan siapa saja yang dia kehendaki, dan akan merendahkan sampai serendah-rendahnya bahkan lebih rendah dari binatang, semua itu atas kehendak Allah. Kemudian di tangan Engkaulah segala kebajikan artinya setiap apa saja yang baik itu semuanya dari Allah sedangkan apa saja yang buruk adalah dari prilaku kita sendiri. Mengapa demikian ? Jangan berprasangka buruk terhadap Allah, misalnya mengatakan Allah itu tidak adil orang yang tidak pernah ibadah diberi kekayaan diberinya kekayaan yang berlimpan sedangkan kita yang ibadahnya OK itu kata kita hidupnya sengsara terus, kapan mau enaknya ? Waaah sudah yang demikian itu sungguh akan mencelakakan diri kita sendiri. Oleh karena itu apapun yang telah Allah berikan ke kita itu sudah yang terbaik menurut Allah, hanya dibalik apa yang telah Allah berikan ke kita itu adalah rahasiaNya, kita tidak tahu. makanya kita disuruh berserah diri kepadaNya. Setelah berserah bagaimana ? Ya kita tunggu keputusanNya. maka nya di ayat terakhir Allah menjelaskan bahwa Dia Maha Kuasa atas segala sesuatunya.

Ya Allah Ya Rabb, hilangkanlah prasangka yang bukan-bukan,prasangka yang buruk terhadapmu, muliakanlah kami semua di sisi Mu, jangan kau hinakan kami setelah Engkau beri kami petunjuk, selamatkan dan bahagian kami baik di dunia maupun di akhirat.

Barakallahufiikum..............salam santun dari kami untuk para sahabat semuanya. Semoga tulisan ini akan bermanfaat, dan dapat diambil hikmahnya serta dapat mendobrak hati kita yang telah lama terkunci. ....Andaikata ada tulisan atau ucapan yang salah, itu dari diri kami...... dan kami memohon ampunanMu Ya Allah. ......Dan seperti biasa marilah kita memohon ampunannya kepada Allah, kita bersihkan dan sucikan hati kita dengan bersama-sama mengucap ;

Laa ilaaha illallah . Muhammadurrasuulullah.  Allahu Akbar  Subhanallah  Subhanakallahumma  Wabihamdika  Asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atuubu ilaik.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar