Rabu, 06 Februari 2013

APA JADINYA BILA BERAMAL INGIN TERKENAL ke 2

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Apabila kita beribadah hanya ingin dikenal, hanya ingin terkenal atau termasyhur, maka sama saja seperti kita menanam benih di tanah yang dalam, maka tidak akan tumbuh dan menghasilkan yang baik, karena akan mudah goyah dan roboh.

Sesungguhnya ibadah kepada Allah hanya karena ingin menjadi terkenal atau termasyhur adalah perbuatan yang kerdil dan kotor. Keinginan untuk dikenal sebagai ahli ibadah membuat ibadahnya cacat dan amalnya rusak.

Hikmah yang paling baik adalah yang tumbuh di hati yang paling dalam seperti kedalaman bumi, seperti biji yang akan tumbuh  menjadi batang dan buah, lahir di tempat dimana orang lain tidak tahu keberadaannya., tersembunyi dibalik bumi, akan tetapi ia bermanfaat kepada manusia dan alam sekitarnya tanpa mengatakan apa-apa tentang pertumbuhannya itu.

Ibadah shalat dan ibadah yang l,ainnya yang paling mulia dan paling indah apabila dilakukan dengan sempurna dan  tidak ada orang lain yang tahu. Ibadah yang keberadaannya dirahasiakan. Dan ibadah yang dijalaninya itu lebih mengutamakan mencari rido Allah dari pada rido manusia.

Jadi ibadah yang dibarengi rasa riya karena ingin terkenal, ingin dipuji ingin disanjung oleh manusia adalah ibadah yang rusak. . Sekarang bagaimanakah cara menghilangkan penyakit tersebut ? Caranya adalah tanamkan rasa tawadhu' dan rasa malu di dalam hatinya  karena berhadapan dengan Allah swt.

Sungguh pamer amal tidak hanya merusak keimanan, juga akan mencemari hatinya dengan bercak-bercak hitam, yang lama kelamaan akan menutupi permukaan hatinya., akibat yang lainnya adalah timbulnya rasa angkuh yang merendahkan jiwa orang lain.

Sungguh Allah lebih menyukai orang-orang yang merendahkan diri di hadapanNya dan Dia akan mengangkat nya ke martabat kemuliaan.. Allah sungguh menyukai kepada orang-orang yang bertakwa dan menyamarkan dirinya dari ketenaran dunia. Orang-orang yang semacam ini cirinya bila mereka berada di banyak orang, mereka tidak dikenal, akan tetapi bila mereka tidak ada,  mereka dicari-cari . Sungguh hati mereka bagaikan lampu yang menunjukkan arah..

Barakallaahufiikum........salam santun dari kami untuk para sahabat semuanya...........semoga tulisan ini ada manfaatnya bagi kita semua dan dapat diambil hikmahnya serta dapat membuka hati kita yang selama ini terlah tertutup dan terkunci............Andaikan ada salah tulis atau salah kata ,itu mutlak kesalahan kami dan........Ya Allah kami memohon ampunanMu atas hal itu...........Dan marilah kita bersama-sama membersihkan dan mensucikan hati, jiwa dan akal fikiran kita dengan mengucapkan

Laa ilaaha illallaah  Muhammadurrasuulullaah  Allaahu Akbar  Subhanallaah  Subhanakallaahumma  wabihamdika  asyahadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atuubu ilaik.

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar