Sabtu, 16 Februari 2013

KEHIDUPAN DUNIA MERUPAKAN UJIAN Ke 2


 Asssalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Marilah kita lanjutkan lagi materi tentang Kehidupan Dunia Merupakan Ujian
Allah berfirman di dalam Q.S Al Mulk 67 : 1 – 2 yang berbunyi , “ Tabaa rokalladzii biyadihil mulku wahuwa ‘alaa kulli syay in qodiir .  Alladzii kholaqol mauta wal hayaata liyabluwakum ahsanu ‘amalan  . wahuwal ‘aziizul ghofuur “ , yang artinya sebagai berikut , “ Maha Suci Allah yang ditanganNya lah segala kerajaan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.   Yang menjadikan mati dan hidup untuk menguji kamu,  siapa diantara  kamu yyang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun “

Alah menjelaskan bahwa yang paling suci dlam Dzat Nya , dalam sifatNya dan namaNya serta dalam berbuat segala sesuatunya tanpa cacat. Dialah Pemilik kerajaan, kekuasaan, kesejahteraan, kasing sayang, kebijakan, ketetapan dll yang ada di alam semesta ini. Dia lah juga yang menghidupkan dan mematikan segala apa yang ada di dunia ini.

Alam dunia seisinya ini  telah disediakan oleh Allah untuk menguji manusia termasuk kita semua, siapakah diantara kita yang lebih baik amalnya, yang ibadahnya ikhlas hanya untuk Allah, yang mau melaksanakan amanat Allah, yang mau menjalani perintah Allah, yang berusaha untuk menghindari dan menjauhi segala apa yang dilarang Allah yang kesemuanya itu dilaksanakan dengan baik dan benar menurut aturan yang telah ditetapkan oleh Allah melalui KitabNya ( Al Qur’an ) yang telah diamanatkan kepada Utusan Nya untuk disampaikan kepada kita semua, sehingga segala apa  yang dilakukan oleh kita itu selalu mendapat berkah dan rohmat dari Allah dan Allah makin meridoi atas apa yang telah kita lakukan.

Amal yang diterima oleh Allah hanyalah amal soleh, amal kebajikan, amal yang murni yang tidak dicampuri dengan urusan dunia. Mengapa demikian ? Karena Allah telah menjamin rezki setiap makhluknya, bahkan sampai ke binatang melatapun Allah telah menjamin rezkinya, dengan kata lain Allah tidak akan menzalimi hambaNya, termasuk kita semua . Jadi tugas kita hanya mengikuti aturan mainNya melaui penjelasan rasulNya.

Allah itu Maha Perkasa. Dia lah yang telah menciptakan alam dunia seisinya, tanpa bantuan  siapapun. Dia lah yang mengatur kehidupan seluruh alam semesta, tanpa bantuan dari manapun. Dia lah yang menentukan dan  menetapkan segala sesuatu, tanpa ada bantuan dari pihak manapun. Dia sungguh Maha Pengasih lagi maha Penyayang kepada semua ciptaanNya, secara sederhana tidaklah mungkin apa yang telah dibuat sendiri kemudian dirusak/dihancurkan sendiri. Yang kesemuanya itu Allah lakukan sendiri ,disinilah terlihat ke Maha Perkasaan Allah.

Kemudian Allah Maha Pengampun, Dia akan mengampuni setiap hambaNya yang memohon ampun kepadaNya, karena Dia Maha Mengetahui bahwa semua hambaNya itu makhluk yang lemah, semua yang dilakukan hambaNya itu atas bantuanNya, semua hambaNya lebih banyak melakukan kekeliruan dan kesalahan dari pada berbuat sebaliknya. Semua hambaNya lebih suka berbuat dosa dari pada berbuat kebajikan, lebih banyak mencari kesenangan sesaat dari pada kesenangan yang abadi, lebih suka permainan dan senda gurau dari pada mempersiapkan diri dengan bekal yang baik untuk tinggal di tempat yang kekal dan abadi ( akhirat ), lebih memilih tinggal selamanya di alam palsu ( alam dunia ) dari pada alam abadi ( alam akhirat ) .Lebih suka bermain-main dengan waktu dari pada memanfaatkan waktu. Ingat usia atau umur itu tidak bisa berkurang atau bertambah. Yang dikatakan panjang umur itu adalah apabila segala perbuatan seseorang itu dilanjutkan oleh generasi berikutnya.

Berhati-hatilah dan harus diingat pesan dari Rasulullah saw yaitu apabila kita telah menghadap Allah maka  akan ditanya empat hal yang sudah Allah berikan kepada  setiap manusia dan juga termasuk kita yaitu :
  • Allah memberikan umur kepada kita, Naaah , digunakan untuk apakah umur itu ?
  • Allah memberi perlengkapan anggota tubuh kepada diri kita, dimanfaatkan untuk apakah selurub anggota tubuh kita itu ?
  • Allah memberikan rezki kepada kita, dinafkahkan untuk apakah rekzi itu ?
  • Allah telah memberi kita ilmu, digunakan untuk apakah ilmu kita itu ?
Bersambung……….Barakallaahufiikum………salam santun dari kami untuk para sahabat semua semoga bermanfaat untuk kita semua dan dapat diambil hikmahnya serta dapat membuka hati kita yang selama ini telah tertutup……….Andaikan ada salah tulis atau kata, itu adalah kesalahan kami dan………Ya Allah ampunilah kami atas hal itu………….Dan marilah kita bersihkan dan sucikan hati, jiwa dan akal fikiran kita semua dengan mengucapkan
Laa ilaaha illallaah Muhammadurrasuulullaah saw Allahu Akbar Subhanallaah Subhanakallaahumma wabihamdika asyahu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa’atuubu ilaik
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar