Kamis, 07 Februari 2013

KEUTAMAAN BERSIKAP JUJUR ke 1

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Ciri muslim yang baik adalah JUJUR. Rasulullah saw di dalam kehidupan sehari-harinya dikenal sebagai orang yang jujur, sebagai orang yang dapat dipercaya. Jujur adalah akhlak yang baik dan indah menurut Allah.

Jika kita hidup di dunia ini  memelihara kejujuran, maka akan didapat kedamaian,ketenangan. Orang yang berprilaku jujur akan mendapatkan keuntungan di dunia dan di akhirat. Jujur adalah buah budi pekerti yang mulia. Kejujuran dapat membimbing manusia menuju kebaikkan.dan kebaikkan akan membimbingnya ke surga. Seseorang yang jujur, maka di sisi Allah pun akan menjadi orang yang jujur dan benar.Sebaliknya sifat dusta membimbing manusia kepada prilaku buruk/kejahatan. Lalu kejahatan akan menyeretnya ke neraka. Seseorang yang biasa berdusta, maka hingga di sisi Allah pun tetap akan berdusta.

Siapapun orangnya yang suka berterus terang dan jujur dalam segala hal di dalam kehidupan ini, maka termasuk memiliki sifat kenabian. Orang yang jujur adalah orang yang mencintai kebenaran. Karena sukanya, maka ia selalu memelihara akhlaknya dari dusta. Ia cenderung untuk melakukan kebaikan dan menegakkan kebenaran agama.

Firman Allah di dalam Q.S Maryam 19 : 41 wadzkur filkitaabi ibroohiima. innahu kaana sid qon kariima  yang artinya "Ceritakanlah (Hai Muhammad) kisah Ibrahim di dalam Al Kitab (Al Qur'an) ini. Sesungguhnya dia adalah seorang yang sangat membenarkan (semua hal gaib yang datang dari Allah) lagi seorang Nabi"

Firman Allah di dalam Q.S Maryam 19 : 54 "Wadzkur fil kitaabi Isma'iila . innahu kaana sidqol wa'di wakaana rosuulann nabiyya " yang artinya "Dan ceritakanlah (Hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al Qur'an. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya dan dia adalah seorang rosul dan nabi"

Firman Allah di dalam Q.S Maryam 19 : 56 : "wadzkur fil kitaabi idriis. innahu kaana sidqon nabiyya"  yang artinya "Dan ceritakanlah ( Hai Muhammad kepada mereka) kisah Idris (yang tersebut) di dalam Al Qur'an. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi"

Kejujuran itu dekat dengan kebenaran. Kebenaran adalah sesuatu yang disenangi Allah. Jika Allah senang maka pastilah Dia akan mengasihi. Kejujuran dan sikap terus terang akan membawa diri seseorang menuju jalan kemerdekaan jiwa. Jiwa yang merdeka, akan bebas tanpa ikatan. Oleh karena itu sebagai seorang muslim, berusahalah bersikap jujur dimanapun kita berada dan kapanpun waktunya. Terapkan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa seorang muslim itu selalu berakhlaq mulia.

Orang yang selalu jujur,  maka rasa cemas dan rasa takut tidak ada. Apa yang dilihatnya akan dikatakan apa adanya. Tidak ada yang disembunyikan atau terselip kebohongan sedikitpun. Orang yang selalu jujur, maka iapun jujur terhadap dirinya sendiri. Kejujuran pada diri  sendiri dapat menghantarkan dirinya pada suatu kemajuan. Karena ia jujur, maka ia akan mengakui kekurangan dan kelebihan yang ia miliki. Jika seseorang menyadari kekurangan dan kelemahannya, maka pasti tdak ada atau tidak punya rasa sombong, sehingga ia akan terus belajar agar pandai dan terus berusaha banyak membaca agar wawasannya semakin meluas. Orang yang jujur tidak akan takut kepada siapapun juga. Jika ada bahaya akibat dari kata-katanya yang jujur,  maka tidak ada rasa khawatir, bahkan ia tidak segan-segan mengatakan apa adanya. Sebaliknya terhadap  diri dan hatinya sendiri ,ia sangat takut. Jangan-jangan ia mengingkari hatinya sendiri. Ingat suara hati itu selalu mengemukakan kebenaran.

Oleh karena itu sebagai seorang muslim  berusahalah bersikap jujur dimanapun kita berada dan kapanpun waktunya. Terapkan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa seorang muslim selalu berakhlak mulia.

Barakallaahufiikum...........salam santun dari kami untuk para sahabat semua..........semoga tulisan ini ada manfaatnya bagi kita semua dan dapat diambil hikmahnya serta dapat membuka hati kita yang selama ini telah tertutup........Dan marilah kita bersama-sama membersihkan dan mensucikan hati, jiwa dan akal fikiran kita dengan mengucapkan

Laa ilaaha ha illallaah  Muhammadurrasuulullah  Allahu  Akabar  Subhanallaah  Subhanakallaahumma  wabihamdika  asyhadu alla ilaaha illa  anta  astaghfiruka  wa'atuubu ilaik

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar