Sabtu, 02 Maret 2013

C E N D E K I A W A N


Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Salam dan bahagia,

Banyak orang mengenal kata cedekiawan, akan tetapi kurang begitu paham makna yang sebenarnya. Cukup dengan yang namanya cedekiawan itu orang pintar, sudah selesai.
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia yang dimaksud dengan cendekiawan itu adalah orang yang pandai dan cerdik/cerdas. Ingat orang yang cerdas pasti pandai akan tetapi orang yang pandai belum tentu cerdas. Ciri orang yang cendekiawan adalah di dalam kehidupan kesehariannya selalu berusaha terus menerus untuk meningkatkan kemampusn berfikirnya, guna mendapatkan sesuatu dan memahami sesuatu.

Menurut Golden Smith Kriteria Cendekiawan itu ada empat yaitu :

    1. Mempunyai kedalaman cara berfikir ( depth of mind ) ;
    2. Mempunyai wawasan yang luas ( breadth of view )
    3. Mempunyai penilaian yang sehat ( sound of judgement ) ;
    4. Mempunyai daya talar yang lugas ( logic reasoning )
Barakallaahufiikum…………Salam santun kami untuk para sahabat semua…………Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan dapat diambil hikmahnya untuk kita serta dapat untuk membuka hati kita yang selama ini telah tertutup……..Andaikan ada salah kata atau tulis, itu adalah kesalahan kami dan………..Ya Allah ampunilah atas hal tersebut ………Dan marilah kita bersihkan dan sucikan hati kita, jiwa kita dan akal fikiran kita dengan mengucapkan

Laa ilaaha illallaah Muhammadurrasuulullaah saw Allahu Akbar Subhanallaah Subhanakallaahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa’atuubu ilaik.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Penulis            : Ki Kartawijaya  Al Adiyat
Pekerjaan        :Anggota Yayasan Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar