Senin, 18 Maret 2013


DUA  MACAM  PENIPU

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Salam dan bahagia,

Salam jumpa lagi bersama Butir Uraian Ayat Ayat Al Qur’an dan Refleksi Alam Al Qur’an.
Para sahabat sekalian Ibnu Abbas ra berkata bahwa Rasulullah saw bersabda “ Ada dua nikmat yang kebanyakan manusia tertipu karenanya yaitu kesehatan dan kesempatan “. ( HR Bukhari )

Kita sadari bersama dan kita akui selagi kita diberi nikmat sehat, dianggapnya hal itu adalah hal biasa. Kita tidak sadar bahwa bisanya kita sehat itu karena ada yang membuat kita sehat, begitu kita disakitkan oleh Allah, barulah mengeluh, resah gelisah. Apalagi yang punya banyak duit langsung saja pergi berobat ke dokter atau rumah sakit. Kalau ternyata setelah berobat ke RS atau ke dokter masih belum juga sembuh, malailah mencari kesana kemari ke dukun atau paranormal, mulailah sumpah serapah, keluhan keluar dari kedua bibirnya laksana peluru yang dimuntahkan dari moncongnya. Perbuatan ke dukun atau para normal pun menambah kesesatannya. Termasuk kalau beranggapan bahwa dokter atau obat yang diminum bisa menyembuhkan saja sudah tersesat. Apalagi mencurigai seseorang bahwa sakitnya dia itu ada yang ngerjai, wah tambah jauh sesatnya.. Naudzibillahi min dzaalik. Sekarang kalau dihitung-hitung lamanya antara sehat dengan sakit itu lebih banyak sehatnya dari pada sakitnya. Dan yang memberikan dia sehat itu siapa ? Selagi sehat dia tidak beribadah tapi begitu sakit baru ingat pada Allah dan ingin beribadah.
Sekarang mengenai kesempatan, bisa juga disebut peluang, bisa juga waktu. Waktu suatu kesempatan selalu mendatangi kita. Apabila kesempatan itu tidak diambil maka lewatlah sudah. Yang sudah lewat tidak bisa ditarik kembali. Untuk yang akan datang belum tentu ada lagi, karena yang akan datang adalah rahasia Allah..Oleh karena itu manfaatkanlah kesempatan atau peluang yang datang itu untuk hal-hal positif. Jangan menunggu datangnya kesempitan, karena kalau dalam kesempitan untuk mengerjakan sesuatu pasti hasilnya tidak akan beres, atau mengerjakannya dalam waktu singkat, hasilnya pasti tidak akan memuaskan.

Oleh karena itu wahai para sahabat semua marilah kita manfaatkan sehat kita untuk beribadah sesuai dengan kamampuan masing-masing, diniatkan karena Allah dan mengikuti tuntunan Rasul-Nya. Dan marilah kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya selagi kesempatan itu datang kepada kita untuk dimanfaatkan demi kemaslahatan, jangan sampai kesempatan itu hilang begitu saja,. Yang jelas usia kita semakin lama semakin bertambah, akan tetapi umur kiuta semakin lama semakin berkurang ( pendek ).
Barakallaahufiikum salam santun dari kami untuk para sahabat semua.

                  Wassallamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
   Salam dan bahagia

Penulis             : Kartawijaya Al Adiyat
Pekerjaan         : Anggota Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar