Selasa, 14 Mei 2013

BEBERAPA PETUNJUK ALLAH UNTUK KAUM MUSLIMIN



Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh.
Salam dan bahagia.

Para sahabat semua salam jumpa lagi bersama BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan REFLEKSIALAMALQURAN.

Allah berfirman di dalam Q.S Al Al Muzzammil 15 : 20  yang  berbunyi sebagai berikut ;

۞ إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُومُ أَدْنَىٰ مِن ثُلُثَيِ اللَّيْلِ وَنِصْفَهُ وَثُلُثَهُ وَطَائِفَةٌ مِّنَ الَّذِينَ مَعَكَ ۚ وَاللَّهُ يُقَدِّرُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ ۚ عَلِمَ أَن لَّن تُحْصُوهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ ۚ عَلِمَ أَن سَيَكُونُ مِنكُم مَّرْضَىٰ ۙ وَآخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِي الْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِن فَضْلِ اللَّهِ ۙ وَآخَرُونَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ ۚ وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَقْرِضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنفُسِكُم مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِندَ اللَّهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا ۚ وَاسْتَغْفِرُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ [٧٣:٢٠                                                                            ]
Yang artinya  sebagai  berikut

 Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Parasahabat semua melalui ayat ini Allah memberitahukan kepada kita semua bahwa

  1. Dia mengetahui apa yang dilakukan oleh kita semua,termasuk shalat kita apakah kurang dari serpertiga malam, separuh malam atau sepertiganya artinya siapapun yang melakukan shalat malam dan yang tidak melaksanakan shalat malam itu diketahui oleh-Nya.
  2. Allah lah yang menentukan ukuran siang dan malam, juga untuk menentukan batas-waktu shalat antaraDzuhur dan Asar, antara Asar dan Maghrib, antara Maghib dan Isya, antara Isya dan Subuh, antara Subuh dengan Dzuhur.
  3. Allah tidak ingin memperberat hamba-Nya di dalam melaksanakan ibadah kepada-Nya
  4. Bacalah Al Qur’an ,usahakan dengan maknanya, agar apa yang dibaca itu bisa dipahami isi kandungannya, kemudian aplikasikan oleh kita di dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kadar kesanggupan.
  5. Allah mengetahui segala perbuatan hamba-Nya apakah mereka itu sakit, sehat, yang mencari rezki, yang ibadah ataupun yang tidak ibadah, semuanya tidak ada yang bisa terlepas dari pengawasan Allah.
  6. Dirikanlah shalat sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, terutama shalat wajib yang lima waktu yaitu Dzhur, Asar, Maghrib, Isya dan Subuh.
  7. Tunaikan zakat, karena Allah memberikan rezki kepada kita itu, ada sebagian lagi yang bukan milik kita, akan tetapi milik fakir, miskin, ibnu sabil, anak-anak yatim, kaum dhuafa.
  8. Dan rezki yang ada pada kita pinjamilah Allah dengan pinjaman yang baik maksudnya keluarkan dari harta kita untuk hal-hal yang diridoi Allah yaitu untuk menolong orang-orang yang kurang mampu.
  9. Mintalah ampunan kepada Allah dari dosa-dosa yang telah kita perbuat, atas segala kesalahan yang telah kita lakukan, dari segala kekeliruan kita.

Para sahabat semua, apabila hal-hal di atas kita lakukan dengan baik dan benar, maka Allah pun telah menjanjikan, akan memberikan balasan yang lebih baik lagi dari apa yang telah kita lakukan dan akan memberikan pahala yang berlipat ganda.

 Dan marilah kita bermohon kepada Allah agar semuanya itu dapat kita kerjakan dengan mudah dan lan car sesuai dengan kehendak-Nya. Semoga kita dapat melakukan semua itu dengan penuh keikhlasan hanya untuk Allah semata.

Barakallaahufiikum………Salam santun dari kami untuk para sahabat semua………Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, dan dapat diambil hikmahnya serta dapat untuk membuka hati, jiwa dan akal fikiran kita semua yang selama ini telah tertutup…………Andaikan ada salah kata atau tulis, itu adalah kesalahan kami, dan……..Ya Allah maafkanlah atas hal tersebut………Dan marilah kita bersihkan dan sucikan hati, jiwa dan akal fikiran kita semua dengan mengucapkan

Laa ilaaha illallaah  Muhammadurrasuulullaah Salallaahu ‘alaihi wasallam. Allahu Akbar . Subhanallaah. Subhanallaah wabihamdih . Subhanallah al’azhiim . Subhanakallaahumma wabihamdika  asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Penulis            : Ki Kartawijaya Al Adiyat
Pekerjaan         : Anggota Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar