Minggu, 12 Mei 2013

PETUNJUK ALLAH KEPADA N.MUHAMMAD SAW SEBELUM BERDAKWAH



Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh.
Salam dan bahagia.

Para sahabat semua salam jumpa lagi bersama BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan REFLEKSIALAMALQURAN.

Allah berfirman di dalam Q.S Al Al Muzzammil : 1 – 9 yang  berbunyi sebagai berikut ;

يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ [٧٣:١]قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا [٧٣:٢]نِّصْفَهُ أَوِ انقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا [٧٣:٣]أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلًا [٧٣:٤]إِنَّا سَنُلْقِي عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيلًا [٧٣:٥إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلًا [٧٣:٦]إِنَّ لَكَ فِي النَّهَارِ سَبْحًا طَوِيلًا [٧٣:٧]وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ وَتَبَتَّلْ إِلَيْهِ تَبْتِيلًا [٧٣:٨]رَّبُّ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ فَاتَّخِذْهُ وَكِيلًا [٧٣:٩]
Hai orang yang berselimut (Muhammad), -  bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), -  (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. -  atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan. -  Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu perkataan yang berat. -  Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu') dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. -  Sesungguhnya kamu pada siang hari mempunyai urusan yang panjang (banyak). -  Sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadatlah kepada-Nya dengan penuh ketekunan   -  (Dialah) Tuhan masyrik dan maghrib, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, maka ambillah Dia sebagai pelindung.

Para sahabat semua melalui ayat ayat ini Allah menjelaskan bahwa pada suatu malam N.Muhammad saw  dibangunkan oleh Allah dan diperintahkan untuk melaksanakan shalat malam, karena Dia akan menurunkan perkataan ( firman ) kepadanya yang kadarnya atau bobotnya berat.

Sungguh siapapun yang mau melaksanakan shalat malam maka akan menguatkan jiwanya. Dan setelah shalat malam Allah memerintahkan beliau agar membaca Al Qur’an dengan perlahan-lahan ( termasuk terjemahnya juga ). Tujuannya adalah agar apa yang dibaca itu bisa dipahami isi kandungannya, lalu dihayatinya, kemudian barulah diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa dianjurkan membaca Al Qur’an itu di malam hari ? Karena apa yang telah kita baca itu akan membekas di dalam hati, akan lebih terasa dinikmatinya, akan mendatangkan ketentraman dan ketenangan, akan lebih berkesan bagi si pembacanya.

Untuk di malam hari usahakan kita berhenti  memikirkan urusan duniawi dan gantikan untuk memikirkan urusan akhrowi ( akhirat ). Persiapkanlah diri kita dengan sebaik-baiknya seolah olah kita akan mati esok hari. Lepaskan diri  kita dari urusan duniawi, gantikan dengan urusan akhirat kita urusan batin kita dengan Allah, hablum minallah. Sedangkan di siang harinya gunakan untuk memikirkan urusan duniawi, persiapkan juga dengan sebaik-baiknya , sibukkan diri untuk hal itu sebagai bekal seolah-olah kita akan tinggal selama-lamanya di dunia. Akan tetapi bekal yang akan menyelamatkan dan membahagiakan kita , yang akan mengangkat derajat kita dan martabat kita di sisi Allah selama berada di dunia. Jadi di siang hari adalah urusan hablum minan naas.

Oleh karena itu para sahabat semua marilah kita beribadah kepada Allah dengan keyakinan penuh atau dengan secara bulat dan utuh. Hilangkan rasa was- was atau ragu terhadap Allah. Banyak-banyaklah menyebut nama Allah, mensucikan-Nya, memuji-Nya, meng-Esa kan-Nya, meng Agungkan-Nya, membesarkan-Nya dan memuliakan-Nya. Semua itu adalah sebagai wujud kasih sayang kita kepada-Nya. Maka Allahpun akan menyayangi kita, memperhatikan kita.  Disaat kita tertimpa musibah, kesulitan, penderitaan, maka mintalah tolong kepada-Nya, karena hanya Dial ah sebaik-baik penolong. Di saat kita dalam bahaya, maka mintalah perlindungan-Nya, karena hanya Dial ah sebaik-baik pelindung. Dia- lah Allah, Tuhan timur dan barat, tidak ada Tuhan ( yang berhak disembah ) kecuali Dia Yang Maha Kuasa lagi Maha Perkasa.

Barakallaahufiikum………Salam santun dari kami untuk para sahabat semua………Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, dan dapat diambil hikmahnya serta dapat untuk membuka hati, jiwa dan akal fikiran kita semua yang selama ini telah tertutup…………Andaikan ada salah kata atau tulis, itu adalah kesalahan kami, dan……..Ya Allah maafkanlah atas hal tersebut………Dan marilah kita bersihkan dan sucikan hati, jiwa dan akal fikiran kita semua dengan mengucapkan

Laa ilaaha illallaah  Muhammadurrasuulullaah Salallaahu ‘alaihi wasallam. Allahu Akbar . Subhanallaah. Subhanallaah wabihamdih . Subhanallah al’azhiim . Subhanakallaahumma wabihamdika  asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Penulis                         : Ki Kartawijaya Al Adiyat
Pekerjaan                     : Anggota Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar