Minggu, 19 Mei 2013

SURAT AD DHUHAA KE 1


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Selamat jumpa lagi bersama BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN DAN refleksialamalquran

BEBERAPA NIKMAT YANG DIANUGERAHKAN KEPADA N.MUHAMMAD SAW
Allah swt berfirman di dalam Q.S Ad Duha 93 : 1 – 3 yang berbunyai sebagai berikut
وَالضُّحَىٰ [٩٣:١]وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ [٩٣:٢]مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ [٩٣:٣]
Demi waktu matahari sepenggalahan naik,--- dan demi malam apabila telah sunyi (gelap),--- Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu “.
Para sahabat semuanya pada surat Ad Dhuhaa ini Allah menjelaskan bahwa Nabi Muhammad saw adalah orang yang paling bahagia di dunia dan jug kelak di akhirat. Allah selalu bersamanya dan selalu memberikn karunia yang agung dan meridoinya.
Pada ayat ayat ini Allah swt menjelaskan tentang sumpah-Nya yaitu demi waktu matahari sepenggala naik, bersama cahayanya dan demi malam apabila telah sunyi ( gelap ). Kedaan malam dari sisi kegelapannya berbeda dari satu saat ke saat yang lain. Allah swt mengungkapkan dengan keadaan malam yaitu hening, tenang, tidak ada suara nbising atau gaduh dan malam adalah waktu istirahatnya manusia setelah kelelahan bekerja sepanjang hari.
Dalam ayat ayat ini Allah swt bersumpah dengan dua macam tanda kebesaran-Nya yaitu Dhuhaa ( waktu matahari naik sepenggalah ) bersama cahayanya dan malam beserta kegelapan dan kesunyiannya, bahwa Allah swt tidak meninggalkan Rasul-Nya, Muhammad saw, dan tidak pula memarahinya, sebagaimana orang-orang mengatakannya ( orang-orang musyrik Quraisy ) atau perasaan rasulullah saw sendiri.
Turunnya ayat ini karena pada saat itu turunnya wahyu terhenti sehingga Rasulullah saw bersedih hati. Begitu besar keinginan beliau untuk menerima wahyu itu. Beliau berkali-kali pergi ke Gua Hira dangan harapan bisa menerima wahyu itu, seperti beliau awal menerima wahyu, akan tetapi wahyu tak kunjung datang, sehingga beliau merasa Allah telah menjauhinya. Berlanjut ke …. Yang berikutnya
Barakallaahufiikum….. Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh’
Salam dan bahagia
Penulis : Kartawi jaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar