Senin, 20 Mei 2013

SURAT AD DHUHAA KE 2

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Para sahabat semuanya selamat jumpa lagi bersama BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR'AN dan refleksialamalquran

Allah swt berfirman di dalam Q.S Ad Dhuhaa 93 : 4 - 5 yang berbunyi sebagai berikut 

وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْأُولَىٰ [٩٣:٤]وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ [٩٣:٥] yang artinya berbunyi sebagai berikut :
Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan).--- Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas

Para sahabat semuanya melalui ayat 4 ini Allah mengungkapkan sesuatu yang membuat Nabi saw berlapang dada dan jiwanya menjadi tenteram. Apakah  ungkapan Allah itu  ? Bahwa kehidupan Nabi saw dihari-hari mendatang akan lebih baik dari hari-hari yang telah lalu. Kebesarannya akan bertambah dan namanya akan lebih dikenal.Dan untuk mencapai ke arah itu Allah swt sendiri yang akan membimbingnya.. Dengan kata lain Allah swt berkata kepada Nabi saw ," Apakah kamu kira Aku akan meninggalkanmu ? Sungguh tidak sama sekali, bahkan kedudukanmu di sisi-Ku sekarang ini jauh lebih kukuh dan lebih dekat dari masa yang sudah-sudah" 

Janji Allah swt kepada Nabi saw terus  terbukti, dan nama Nabi saw sejak saat itu semakin dikenal, kedudukannya semakin bertambah kuat, sungguh untuk mencapai tingkat yang dicapai Nabi saw belum pernah dicapai oleh para Rasul sebelumnya.

Dan sungguh Allah telah menjadikan Nabi Muhammad saw adalah sebagai rahmat, sebagai petunjuk dan sebagai cahaya seluruh alam semesta, juga seluruh hamba-hamba-Nya. Allah menjadikan yang mencintai Nabi Muhammad saw berarti sama termasuk mencintai-Nya. Bagi yang mematuhi atau yang mengikuti ajaran Nabi Muhammad saw berarti telah mengikuti jalan untuk memperoleh nikmat-nikmat-Nya serta menjadikan umat Nabi saw sebagai saksi-saksi untuk manusia seluruhnya. Allahu Akbar Subhanallah, sebegitu hormatnya Allah kepada Nabi saw. Sedangkan untuk diri kita bagaimana, untuk membacakan solawat kepada beliau saja nyari-nyari yang ada imbalannya gede. Misalnya barangsiapa yang membaca solawat ini satu kali maka dosa-dosanya akan diampuni selama 83 th , akhirnya solawat itu saja yang dibaca. Berarti masih ada pamrih ibadah kita. Berarti kita masih belum yakin kepada firman Allah yang artinya " Barang siapa berbuat kebaikan walau sebesar zarah maka akan dibalas, dan barangsiapa yang berbuat keburukan/kejahatan walau sebesar zarah, maka Allah akan membalasnya ". Di dalam surat Al  Ahzab ayat 56 Allah dan para malaikat saja bersalawat kepada Nabi saw, masa kita tidak mau mengikutinya. Dan hati-hati jangan salah niat Allah menganjurkan membaca salawat kepada beliau itu sebagai tanda penghormatan kita kepada beliau, bukan memujanya, kalalu memuja maaf beliau juga manusia bukan Tuhan maka akan menjadi syirik. Yang akkhirnya amal ibadah kita akan hilang dalam sekejap. Kita baca barjanji, debaan, solawatan itu hanya sebatas penghormatan kepada beliau. Hati-hati jangan salah niat. allah swt akan melihat hati kita, niat kita, dan niat itu adanya di hati, serta yang tahu hanya ah swt sendiri.

Nabi saw sendiri telah menyiarkan agama Allah sesuai dengan kehendak Allah swt sampai ke peloksok-peloksok dunia. Ini adalah suatu kebesaran yang tiada tara, suatu keunggulan yang tiada bandingnya dan suatu kemuliaan yang tidak ada yang mampu mengimbanginya.

Dan pada ayat 5 nya Allah menyampaikan berita gembira kepada Nabi saw bahwa Dia akan selalu melimpahkan anugerahnya kepada beliau secara terus menerus, sehingga beliau menjadi senang dan bahagia. Di antara pemberiannya itu adalah wahyu turun terus menerus sebagai petunjuk bagi beliau dan umatnya agar bisa mendapatkan kebahagiaan hidup baik di duna maupun di akhirat. Dan Allah akan memenangkan agama yang dibawa Nabi saw  atas seluruh agama-agama yang lainnya serta Allah swt akan mengangkat kedudukannya di atas kedudukan manusia seluruhnya.

Ya Allah Ya rabb semoga salawat dan salam kami Engkau sampaikan kepada beliau sebagai penghormatan kami kepada beliau beribadah kepada-Mu dan mengikuti tuntunan Rasul-Mu. 
 
Barakallaahufiikum.... . Salam santun dari kami untuk para sahabat semuanya. Semoga tulisan ini akan bermanfaat bagi kita semua dan dapat diambil hikmahnya serta dapat untuk membuka hati,jiwa dan akal fikiran kita yang selama ini telah tertutup.  Andaikan salah tulis atau kata ,itu adalah kesalahanku dan .... Ya Allah ampunilah atas hal tersebut...... Marilah kita bersihkan dan sucikan hati kita dengan mengucapkan

Laa ilaaha illallaah Muhammadurrasuulullaah salallaahu 'alaihi wasallam. subhanallaah  Subhanallaah wabihamdih subhanallaah al'adziim  Subhanakallaahumma wabihamdika asyahadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atuubu ilaik.
 
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Salam dan bahagia

Penulis        :  Ki Kartawijaya  Al Adiyat
Pekerjaan    :  Anggota perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar