Rabu, 05 Juni 2013

ADA APAKAH TANGGAL 27 RAJAB ITU ?

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia.

Selamat berjumpa kembali dengan kami BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR'AN dan refleksialamalquran.

Para sahabat semuanya kalau kita sebagai orang yang beragama Islam siapakah yang tidak mengenal dengan malam 27 Rajab. Kami yakin pasti semuanya mengetahui. Yaitu pada malam itu Rasulullah saw dipanggil  mmenghadap Allah untuk menerima tugas untuk beliau sendiri dan juga untuk umat beliau termasuk kita di dalamnya. Berbagai macam cara di daerah-daerah merayakan atau mengadakan pengajian, marhabanan, berdoa bersama dsb untuk memperingati malam 27 Rajab., karena malam itu merupakan malam peristiwa yang sangat besar yang tidak akan terjadi kepada siapapun, kecuali Nabi Muhammad saw.

Beliau telah mengadakan perjalanan malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha,lau diteruskan ke Sidharatul Muntaha untuk menghadap Allah swt. Setelah bertemu Allah swt beliau menerima tugas untuk dirinya sendiri dan juga untuk umat beliau yaitu menerima perintah harus melaksanakan shalat 50x dalam sehari semalam. Setelah melalui proses dialog antara beliau dengan Allah, akhirnya diputuskan bahwa shalat yang harus dilaksanakan cukup 5x saja dalam sehari semalam yaitu ( Subuh, Dzhuhur, Asar, Maghrib dan Isya ). barangsiapa yang telah melaksanakan 5x shalat dalam sehari semalam berarti sama dengan telah melaksanakannya sebanyak 50x. 

Karena shalat yang 5x ini merupakan perintah Allah, berarti hukumnya wajib. Bagi yang melaksanakan akan mendapatkan balasan pahala, dan bagi yang meninggalkannya akan berdosa dan akan mendapat balasan siksa atau azab. Apalagi kalau kita telah bersumpah atau berjanji dengan Allah dan RasulNya dengan mengucapkan dua kalimat syahadat yaitu syahadat tauhid " Asyhadu an laa ilaaha illallaah ( Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah ) dan syahadat rasul yaitu  "Wa asyhadu  anna  muhammadur-rasuulullah " ( Dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Allah ). dan ini merupakan rukun Islam yang pertama, sedangkan yang keduanya adalah shalat, ketiganya mengeluarkan zakat, keempatnya berpuasa di bulan Ramadhan dan yang kelimanya naik haji auatu ibadah haji ke tanah suci Mekah kalau Allah berkehendak. 

Apabila shalat nya tidak dilaksanakan maka gugurlah perjanjian dengan Allah dan rasulNya artinya telah berkhianat kepada allah dan RasulNya, dan akan tahu akibat apa yang akan diterimanya kelak di akhirat saat menghadap Allah Sang Pencipta semua makhluk yang ada di dunia ini. Secara  nyata ucapan rukun Islamnya gugur.

Para sahabat semuanya marilah kita kaji, kita merenungi diri kita sendiri dari 27 Rajab tahun yang lalu sampai 27 Rajab tahun ini, bagaimanakah shalat wajib yang telah diperintahkan  Allah kepada kita ,sudah dilaksanakan atau belum ? Kalau ternyata belum, marilah mulai saat ini kita laksanakan. kalau sudah dilaksanakan apakah sudah lengkap 5x atau belum ? Kalau ternyata belum, marilah mulai saat ini kita laksanakan. Kalau sudah lengkap 5x, sudah tepat waktu atau belum ? Kalau ternyata belum, marilah mulai saat ini kita laksanakan. Kalau sudah tepat waktu, sudah bisa khusyu' belum ? Kalau ternyata belum, marilah mulai saat ini kita laksanakan, walaupun untuk khusyu' ini sangatlah sulit, akan tetapi kita selalu berusaha untuk ke arah itu. Allah lebih tahu sejauh mana usaha kita.

Para sahabat semuanya semoga mulai saat ini kita sudah mau mulai melaksanakan shalat wajib 5x sehari semalam, bagi yang telah melaksanakan, semoga lebih ditingkatkan lagi kualitasnya. Allah memberikan perintah ini kepada kita semua, bukan untuk Allah , akan tetapi untuk diri kita masing-masing, walaupun amal kita setinggi gunung, seluas samudra, apabila shalat wajib tidak dilaksanakan oleh kita maka semuanya akan ditolak, akan sia sia. Jadikan malam 27 Rajab ini sebagai awal titik tolak kita untuk berusaha menjadi manusia yang beruntung di sisi Allah swt

Barakallahufiikum.... Salam santun dari kami untuk para sahabat semua. Semga tulisan ini bermanfaat dan dapat diambil hikmahnya serta dapat untuk membuka hati ,jiwa dan akal fikiran kita yang selama ini telah tertutup.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,
Salam dan bahagia

Penulis      : Ki Kartawijaya Al Adiyat
Pekerjaan  : Anggota Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar