Kamis, 13 Juni 2013

HIKMAH SHALAT KE 1


Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Selamat berjumpa kembali dengan kami BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan refleksialamalquran

HIKMAH  SHALAT  KE  1

Allah berfirman di dalam Q.S Al Ankabut 29 : 45 yang berbunyi sebagai berikut

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ [٢٩:٤٥]
 Yang artinya sebagai berikut  Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan “.

Saudaraku, melalui ayat ini Allah memerintahkan kepada kita agar membaca Al Qur’an, bukan hanya Arabnya saja akan tetapi juga dengan terjamahnya, agar apa yang dibaca itu tahu maksud isi kandungan maknanya, kemudian kita amalkan di dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kemampuan kadar kesanggupan kita masing-masing. Allah swt tidak ingin mempersulit atau membebani hamba-Nya di dalam beribadah.

Kemudian kita diperintahkan untuk mendirikan shalat. Shalat merupakan rukun Islam yang kedua setelah dua kalimah syahadat. Shalat adalah tihang agama, Yang mendirikan shalat berarti mendirikan agama dan yang tidak mendirikan shalat berarti merobohkan agama. Shalat adalah mengadakan komunikasi langsung dengan Allah, untuk mengingat Allah, mensucikan Allah, membesarkan Allah. Shalat adalah doa karena di dalam shalat kita minta diberi rezki, disempurnakan ,disehatkan, diampuni, diberi petunjuk dan dimaafkan oleh Allah. Shalat lima waktu hukumnya wajib, yang melaksanakan mendapatkan pahala, yang meninggalkan berdosa besar. Dan shalat itu dapat untuk memcegah perbuatan keji dan munkar. Serta shalat adalah ibadah yang utama dan paling utama.

 Shalat juga isinya menyatakan kehinaan diri di hadapan Allah, sebagai makhluk yang penuh dengan noda dan dosa, yang lemah dan tidak mempunyai daya dan upaya , karena semuanya itu apa yang kita lakukan tetap dibantu oleh Allah .Tapi ingat hanya untuk perbuatan yang baik.

Barakallaahufiikum …….. Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar