Rabu, 12 Juni 2013

NIAT ADALAH KUNCINYA IBADAH


Selamat berjumpa kembali dengan kami BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan refleksialamalquran

IKHLASNYA  BERIBADAH

Saudaraku tugas kita manusia adalah beribadah kepada Allah. Jadi ibadah itu wajib kita kerjakan. Begitu pula shalat, hidup dan mati kita hanya untuk Allah semata.

Allah swt berfirman di dalam Q.S Al An’am 6 : 162 – 163 yang berbunyi sebagai berikut

قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَلَا شَرِيكَ لَهُ ۖ وَبِذَٰلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ [٦:١٦٣]
 Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.--- Tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)". 

Saudaraku melalui ayat di atas Allah memberitahukan kepada kita yaitu bahwa shalat kita, hidup kita dan mati kita itu hanya untuk-Nya dan tidak ada yang bisa menandingi-Nya, dan kita berserah diri hanya kepada-Nya.

Yang dimaksud dengan ibadah itu bukan hanya shalat, menunaikan zakat dan puasa saja,namun segala perbuatan yang tidak melanggar perintah Allah swt apabila dikerjakan dengan ikhlas hanya untuk Allah dinamakan ibadah.

Rasulullah saw bersabda, “ Sesungguhnya sah atau tidaknya sesuatu amal tergantung pada niat. Dan yang dianggap bagi setiap orang adalah apa yang diniatkan. Maka barangsiapa berhijrah hanya karena taat kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya diterima Allah dan Rasul-Nya”.

Rasulullah saw bersabda, Allah tidak akan menerima amal selain amal yang ikhlas dan yang karena untuk mencari rido Allah”

Oleh karena itu amalan apapun yang kita kerjakan bergantung kepada niat kita, dan harus dengan niat yang ikhlas untuk mencari rido Allah swt

Rasulullah saw bersabda, “ Dan banyak sekali amalan yang terlihat amalan dunia tetapi akhirnya menjadi amalan akhirat karena berniat baik. Dan berapa banyak amalan akhirat tetapi pada akhirnya menjadi amalan dunia akibat berniat salah “

Kembali kepada pokok permasalahan bahwa tugas kita di dunia ini beribadah kepada Allah swt dengan mengikuti tuntunan Rasul-Nya. Ibadah yang kita lakukan itu harus didasari dengan niat yang ikhlas hanya untuk Allah, karena hanya ini yang bisa diterima oleh Allah swt dan apa yang dilakukan itu merupakan bekal hidup kita kelak di akhirat. Dan amalan inilah yang akan membantu kita, menolong kita, membuat kita bahagia di sana.

Apabila hal-hal yang tersebut di tersebut di atas tidak dilaksanakan oleh kita maka kita akan celaka,akan dihinakan oleh Allah swt lebih rendah daripada binatang. 

Barakallaahufiikum …….. Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar