Sabtu, 15 Juni 2013

KEWAJIBAN BERPUASA KE 2



Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

KEWAJIBAN BERPUASA  KE  2

Allah berfirman di dalam Q.S Al Baqarah 2 : 184  yang berbunyi sebagai berikut

أَيَّامًا مَّعْدُودَاتٍ ۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُ ۚ وَأَن تَصُومُوا خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ [٢:١٨٤
 (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui “.

Para sahabat semuanya melalui ayat ini Allah mewajibkan kita untuk berpuasa Ramadhan pada hari yang tertentu yaitu selama 30 hari. Waktunyapun tertentu mulai waktu imsyak sampai dengan waktu maghrib. Dan ada ciri khas bulan Ramadhan yaitu adanya shalat sunah tarawih. Jadi shalat tarawih adanya hanya di bulan Ramadhan saja, bulan-bulan lainnya tidak ada. Waktu shalat tarawih juga sudah ditentukan yaitu setelah melaksanakan shalat fardhu Isya’.

Bagi mereka yang sedang menjalankan perjalanan, kalau sekiranya tidak mampu berpuasa, maka boleh berbuka, asalkan di bulan lain menggantinya. Apabila batal 3 hari di bulan Ramadhan maka juga harus menggantinya selama 3 hari di bulan lain. Termasuk kalau memang dia kerjaannya berat sehingga tidak mampu untuk menjalankan ibadah puasa, maka boleh tidak berpuasa, akan tetapi harus menggantinya dengan membayar fidyah. Fidyah itu memberi makan seorang miskin setiap hari.

Namun apabila kita kuat untuk melakukan ibadah puasa, maka sebaiknya berpuasa, karena puasa Ramadhan ini khusus untuk Allah. Andaikan kita tahu banyak tentang manfaat berpuasa di bulan Ramadhan, sudah pasti inginnya dalam satu tahun itu dijadikan Ramadhan semuanya, karena di dalam bulan Ramadhan pintu rohmat Allah dibuka lebar-lebar, juga pintu ampunan pun sama serta bekal untuk kita saat di akhirat agar dibebaskan dari api neraka.

Barakallaahufiikum……. Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar