Rabu, 12 Juni 2013

MARILAH KITA CONTOH PRILAKU NABI MUHAMMAD SAW KE 1



Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Selamat berjumpa kembali bersama BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan refleksialamalquran

NABI MUHAMMAD SAW MERUPAKAN INSAN TELADAN  Ke  1

Saudaraku semuanya Nabi Muhammad saw merupakan salah satu hamba Allah yang telah dipilih oleh-Nya, beliau telah terpilih oleh-Nya, beliau adalah manusia pilihan-Nya, beliau adalah utusan Allah sebagai nabi dan rasul terakhir.

Nabi Muhammad saw adalah orang ter terpercaya dalam segala hal, baik tutur katanya, maupun prilakunya. Beliau adalah seorang yang terpelihara dari semua  bentuk perangai jahat, keji, durhaka dan zalim, bahkan beliau adalah seorang yang telah terjamin kebahagiaan hidupnya di hari akhir. Oleh karena itu figur pribadi beliau wajib kita jadikan suri teladan.

Diantara akhlak  beliau yang terkenal yaitu beliau itu orangnya pemurah, tidak kikir dengan siapa  saja. Beliau itu pemberani, tidak pernah mundur di dalam kebenaran. Beliau sikapnya keras terhadap orang-orang kafir dan penuh kasih sayang tehadap orang-orang yang beriman.

Itulah sebagian sifat-sifat beliau yang patut diteladani dan diikuti.  Sebagaimana firman Allah di dalam Q.S Al Ahzab 33 : 21 yang berbunyi sebagai berikut


yang artinya sebagai berikut “ Sungguh ada bagimu semua di dalam diri Rasulullah contoh yang baik bagi yang mengharap Allah dan hari kemudian “

Saudaraku melalui ayat ini Allah swt telah memberitahukan kepada kita semua bahwa kalau kita ingin mencontoh prilaku maka contohlah apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw, jangan menconoh prilaku selain beliau, karena yang dilakukan Nabi Muhammad saw itu sudah mendapat rido Allah.

Sebagian prilaku yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw adalah sebagai berikut:

1.      Suka mempererat antara para sahabatnya dengan cara bersilaturahim;
2.      Mengormati orang yang mulia dari setiap golongan, dan mengangkat dia sebagai pemimpin di golongan tersebut;
3.      Selalu mengingatkan agar berhati-hati dalam berbicara maupun bertindak;
4.      Tidak pernah mematikan bakat dan semangat seseorang yang penting tidak menyimpang dari syariat agama ;
5.      Apabila ada sahabatnya tidak datang-datang maka beliau mencarinya, khawatir para sahabatnya itu sedang mengalami sesuatu yang tidak diinginkan atau yang mengkhawatirkan
6.      Suka memberikan hak berbicara atau berbuat kepada orang lain, sehingga merasa tidak ada perbedaan diantara mereka. Maksudnya tidak ada yang lebih mulia karena lebih dekat dengan Rasulullah saw.
7.      Melayani uamatnya dengan penuh kesabaran, apabila diantara mereka ada keperluan;
8.      Siapapun yang memohon kepada beliau pasti dikabulkannya, apabila tidak bisa dikabulkan, maka beliau menolaknya dengan ucapan yang menyenangkan, sehingga membuat hati lega ;
9.      Karena budi baik beliau, mereka banyak yang mengangkat beliau sebagai bapaknya, dan haknya sama dengan anaknya sendiri ( tidak dibeda-beda ).

Barakallaahufiikum..... Wassalamu’alaikum warahmaullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar