Rabu, 12 Juni 2013

NABI MUHAMMAD SEBAGAI INSAN TELADAN KE 2



Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Selamat berjumpa kembali bersama BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan refleksialamalquran

NABI MUHAMMAD SAW MERUPAKAN INSAN TELADAN  Ke  2

Allah berfirman di dalam Q.S. Al An’am 6 : 126 – 127 yang berbunyi sebagai berikut

Yang artinya sebagai berikut , “Dan inilah jalan Tuhanmu; (jalan)yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami)kepada orang-orang yang mengambil pelajaran.--- Bagi mereka (disediakan) darussalam (syurga) pada sisi  Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan. “

Saudaraku melalui ayat ayat ini Allah swt memberitahukan kepada kita yaitu

1.      Apabila ingin mendapatkan jalan kebenaran maka ikutilah jalan Allah , karena apa yang disampaikan itu merupakan jalan yang lurus, dan petunjuk-Nya melalui ayat-ayat yang Dia turunkan melalui Rasul-Nya ;
2.      Banyak-banyaklah berbuat amal saleh, yaitu amal yang diridoi Allah
3.      Apabila kedua hal diatas dilakukan maka Allah akan memberikan perlindungan kepada kita, dan akan memberikan balasan berupa kenikmatan dan kebahagiaan ( syurga )

Saudaraku karena kita hidup itu tidak sendiri, harus bermasyarakat, dan di dalam bermasyarakat itu kita saling membutuhkan apakah di dalam hal pergaulan biasa, perdagangan, pekerjaan atau kegiatan sosial lainnya, maka kita harus menunjukkan sikap yang terpuji.

Apalagi kita sebagai bangsa, tunjukanlah kebesaran bangsa dan negara kita dengan memelihara budi pekerti. Karena kebesaran dan kejayaan suatu negara dinilai dari keluhuran budi pekerti bangsanya.

Diantara ajaran beliau yang harus kita ikuti adalah membina kehidupan dunia yang penuh kemaslahatan dan kebahagiaan serta mempersiapkan bekal kebahagiaan hidup akhirat. Sebagaimana Sabda beliau ( Nabi saw ) yaitu, “ Perbaikilah ( keadaan ) duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya  dan bekerjalah untuk akhiratmu seolah-olah engkau akan mati esok pagi “

Saudaraku dari hadits ini memberitahukan kepada kita bahwa Islam adalah perjuangan dan pengabdian, berjuang, bekerja dan berbuat untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat dengan didasari pengabdian yang ikhlas kepada Allah. Apabila hal demikian dilakukan maka rido Allah pasti akan datang kepada kita.

Saudaraku Allah menciptakan Nabi Muhammad saw sebagai manusia sempurna, berbudi pekerti luhur dan selalu gembira dalam keadaan bagaimanapun, mudah bergaul, dan supel dalam bergaul, tidak keras, atau kejam, suaranya tidak keras, tidak keji, tidak pemarah dan tidak pula pemuji.

Tugas Nabi Muhammd saw adalah untuk mewujudkan keadilan, kebenaran yang berlandaskan hukum Allah untuk menuju perdamaian dan kebahagiaan dunia akhirat, selain itu juga membawa amanat kemanusiaan yang mengatur pribadi seseorang, masyarakat bahkan negara dengan mengutamakan akhlaq yang mulia.

Barakallaahufiikum ...... Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar