Jumat, 28 Februari 2014

N.MUHAMMAD SAW SURI TELADAN MANUSIA SE DUNIA


SIFAT  UTAMA  RASULULLAH SAW

Sifat utama Rasulullah saw yang menyebabkan keberhasilannya dan kemenangannya itu ada empat macam yaitu :
1.       Al – Sidiq ( benar ) .
2.       Al – Amanah ( terpercaya ) .
3.       At – Tabligh ( menyampaikan / meginformasikan ).
4.       Al – Fathanah ( cerdik, cerdas , cendekia )

Yang dimaksud dengn Al Sidiq atau benar adalah beliau benar di dalam hatinya, benar dengan ucapannya dan benar dengan prilakunya, yang kesemuanya itu sama selaras dan serasi. Apabila menurut hatinya benar, maka diucapkannya bahwa itu benar dan diwujudkan dengan prilakunya tentang kebenaran ucapannya itu. Dan apabila salah makan dikatakannya bahwa itu salah dan beliau memberi contoh menjauhinya.

Yang dimaksud dengan Al Amanah atau terpercaya adalah dimanapun beliau berada dan kemanapun beliau pergi di dalam hamblum minannaas yang ditanamkan adalah kepercayaan. Manusia bisa dipercaya oleh orang lain apabila memiliki sikap jujur,. Diawali jujur pada diri sendiri, lalu jujur pada Allah dan jujur pada sesamanya.

Al Fathanah ( cerdik, cerdas dan cendekia ). Yang dimaksud dengan cerdik adalah beliau sangat pandai sekali menarik perhatian orang disaat bergaul dengan mereka, apakah dari kalangan orang biasa, sampai bergaul dengan para pembesar negeri sehingga  beliau benar-benar dihormati dan disegani.

Yang dimaksud dengan cerdas adalah beliau mampu menyelesaikan setiap permasalahan dengan cepat, singkat, terang dan jelas, sehingga bagi yang mendengarnya sangat menyukai saran dan pendapat beliau. Mengapa demikian ? Karena beliau selalu kalau memutuskan perkara itu dengan adil, tidak ada yang dirugikan.


Yang dimaksud dengan cendekia adalah beliau berilmu sangat tinggi, dan dengan ilmunya itulah beliau menyatukan umat Islam dari seluruh peloksok negeri. Tidak ada yang ingin saling menang sendiri. Dan berkat bimbingan beliau seluruh umat Islam itu bersatu padu untuk menegakkan agama Allah, sehingga umat Islam pada zaman itu mencapai zaman keemasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar