Kamis, 27 Maret 2014

SUDAHKAH KITA BERTERIMA KASIH PADA ALLAH ? APAKAH BUKTINYA ?



Pada dasarnya Allah swt menciptakan manusia itu dalam bentuk yang sempurna, diberinya akal untuk berfikir, diberinya struktur jasmani yang begitu indah membuat manusia bangga dengan keindahan yang dimilikinya.

Setelah diciptakan manusia untuk mengisi alam semesta atau alam dunia ini,agar manusia menggunakan akal fikirannya untuk memikirkan alam semesta ini, karena dibalik semua itu Allah telah memberikan kekayaannya melalui alam semesta ini guna memenuhi kebutuhan manusia.

Agar manusia dapat memenuhi kebutiuhannya itu maka diberilah dengan berbagai macam keahlian , boleh dibilang ilmu, ada ilmu fisika, , kimia, ilmu dagang, bertani, geologi, geodhesi, botani dan masih banyak lagi. Tapi jangan lupa agar manusia bisa hidup rukum dengan sesamanya , maka diberinya pedoman agama, yang mengatur hubungan antar sesame manusia lainnya dan mengatur hubungan dengan Tuhannya.

Untuk memenuhi itu maka Allah memilih salah seorang manusia yang disebut Rasul ( utusan ). Apakah tugas itusan itu ? Untuk menyampaikan kitabnya Allah ( Al Qur’an ). Mengapa Al Qur’an disampaikan kepada manusia ? Karena Allah sudah mengetahui sifat atau karakter manusia. Manusia itu selalu memiliki dua karakter yakin dan tidak, taat dan ingkar, Mengakui dan mendustakan. Tinggal manusia mau memilih yang mana. Nah disinilah Rasul berperan ! Jadi Rasul itu hanya diberi tugas untuk menyampaikan berita peringatan melalui Al Qur’an yaitu siapapun yang mengingkari Al Qur’an berarti mengingkari Rasul, maka pasti lah mengingkari Allah, akhirnya mereka akan celaka.

Dan Rasul juga memberikan berita gembira kepada umatnya bahwa barangsiapa yang mentaati segala petunjuk yang disampaikan Rasul, berarti mereka percaya kepada Rasul, percaya kepada Al Qur’an dan kepada Allah, maka akan mendapatkan pahala, atau balasan dari Allah yaitu berupa kebahagiaan.

Untuk mengetahui semuanya itu maka Allah pun menurunkan berbagai macam ujian dan cobaan kepada hambaNya. Karena hanya dengan menguji mereka , Allah dapat mengetahui kadar keimanan dan ketaqwaan seseorang. Awas jangan disalah artikan bahwa dianggapnya Allah tidak tahu semuanya. Namun hal ini diberikan, agar semua manusia tahu bahwa untuk mencapai sesuatu itu tidaklah mudah seperti membalik telapak tangan.

Allah swt berfirman di dalam QS At Tiin ayat 4 – 5 yaitu :

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ [٩٥:٤]
We have indeed created man in the best of moulds,  ( Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya ) “

ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ [٩٥:٥]
Then do We abase him (to be) the lowest of the low,-  ( Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya ( neraka ) “

 Melalui ke dua ayat ini Allah mengancam kita semua apabila kita tidak tahu berterima kasih kepadaNya maka akan dimasukkan ke neraka yang paling bawah, suatu tempat yang paling buruk.


Semoga kita semua bisa menjadi manusia yang tahu berterima kasih, dengan cara mengucapkan rasa syukur kepada Allah atas semua pemberianNya, dan selalu membimbing kita ke jalan yang benar, jalan yang diridoi Allah, sebagai jalan yang lurus untuk mencapai kebahagiaan kita dunia mapun akhirat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar