Selasa, 29 April 2014

BAGAIMANAKAH CARA MENCARI REZEKI


BAGAIMANAKAH CARA MENCARI REZEKI ?

Di dalam mencari rezeki bagi umat Islam agama mengajarkan atau memberikan beberapa pedoman yaitu :

1.    Hendaknya setiap Muslim selalu berusaha bekerja keras untuk memenuhi keperluan atau kebutuhan hidupnya dan keluarganya. Bagi mereka yang berangkat di pagi hari keluar dari rumah untuk mencari rezeki, termasuk orang yang didoakan oleh Rasulullah saw yaitu “ Allahumma baarik li ummatii fii bukuu rihaa “   yang artinya Ya Allah, berkatilah umatku yang berangkat berusaha pagi-pagi “

2.    Di dalam mencari rezeki apakah itu berdagang, bertani, bekerja, mengajar atau apapun hendaklah mencari yang halal tidak dengan mencuri, menipu, korupsi, judi dan sejenisnya. Janganlah mencari rezeki dengan cara yang haram seperti yang telah disebutkan tadi.  Dari Ali bahwa Rasulullah saw bersabda, “ Sesungguhnya Allah amat senang kepada para hambaNya yang mencari rezeki dengan cara yang halal “ ( HR Tabrani ) ;  Dan satu Hadits lagi dari Annas bin Malik bahwa Rasulullah saw bersabda, “ Mencari rezeki yang halal itu wajib bagi setiap orang yang merasa dirinya Muslim “ ( HR Tabrani )


Pada akhir ayat 15 surat Al Mulk yaitu , “. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan “ maksudnya adalah Allah swt memperingatkan kapada semua manusia bahwa semuanya itu akan kembali kepadaNya yaitu di hari Kiamat. Dan saat itu semua amal perbuatan setiap manusia akan ditimbang. Berusahalah agar Allah  selalu membimbingnya, menuntunnya. Apabila yang kita lakukan ini ternyata banyak kelalaian, kekeliruan, maka segeralah memohon maafNya, sungguh Dia itu Maha Pemaaf. Apabila yang telah dikerjakan oleh kita itu ternyata banyak salahnya, maka bermohonlah kepadaNya agar semua kesalahan itu dihapuskanNya. Dan apabila selama ini kita telah banyak berbuat menumpuk dosa-dosa, maka segeralah memohon ampunanNya dan bertobat kepadaNya, janganlah ditunda-tunda, atau nanti aja deh , aku ini kan masih muda, masih butuh senang-senang. Waow ini salah besar. Ingat kematian itu selalu datangnya tiba-tiba. Sesungguhnya Allah itu Maha mengetahui segala sesuatu lagi Maha Kuasa menentukan segala sesuatunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar