Kamis, 19 Juni 2014

RAMADHAN MARHABAN YA RAMADHAN



Jumlah bulan dalam setahun kita sudah tahu semua yaitu ada dua belas, dan semuanya milik Allah.  Namun ada satu bulan yang Allah memberikan keistimewaan dan itu sudah menjadi ketetapanNya bahwa bulan itu adalah bulan yang paling diistimewakan olehNya.

Barangsiapa yang dalam bulan itu mau meningkatkan segala amal ibadahnya kepada Allah, maka Dia akan mengangkat derajat orang itu setinggi-tingginya berada di sisinya.

Oleh karena itu sebelum bulan Ramadhan datang, maka marilah kita juga bersiap-siap untuk menyambutnya dengan riang gembira, dan suka cita. Dengan cara apakah menyambut Ramadhan itu ? Dengan cara perbanyak baca solawat kepada Rasulullah saw sebagai pemghormatan kita kepada beliau sekaligus rasa syukur kita kepada beliau atas tuntunan yang telah beliau berikan kepada kita yaitu Al Qur'anul Karim.

Selain itu juga perbanyak baca istighfar, diniatkan untuk membersihkan diri kita lahir dan batin atas izin, karakah dan ridonya Allah. Sehingga pada saat Ramadhan datang kita sudah dalam keadaan bersih. Itu baru kepada Allah. Sekarang bagaimana terhadap kita sesama manusia ? Kita saling bermaaf-maafan, terutama kepada kedua orang tua kita, yang telah memelihara kita, memberikan kasih sayangnya kepada kita semua, dan telah banyak berkorban buat kita semua.

Andaikan keduanya telah meninggal, maka datangilah ke kuburannya, niatkan silaturahmi, lalu doakan mereka agar iman islamnya , amal ibadahnya diterima Allah, dimaafkan segala kekeliruannya, dihapuskan segala kesalahannya, diampuni segala dosa-dosanya oleh Allah swt. Karena sudah menjadi kodratnya manusia itu tempatnya lalai, lupa dan dosa . Apalagi bagi mereka yang sudah lanjut usia lalu dalam keadaan pikun.

Dan di dalam pelaksanaan Ramadhan banyak-banyaklah berharap agar semua amal ibadah dan puasa yang dikerjakan selama sebulan itu memohon kepada Allah dan berharap agar bisa diterima oleh Allah swt, dan agar Ramadhan tahun ini akan lebih baik dari Ramadhan tahun yang lalu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar