Senin, 08 September 2014

SURAT AL BAQARAH AYAT 186



Bismillaahirrahmaanirrahiim .  Assalamu’alaikum warahmahmatullahi wabarakaatuh

Allah swt berfirman di dalam QS Al Baqarah ayat 186 yang berbunyi
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ [٢:١٨٦]

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Sahabat sekalian Allah swt memberitahukan kepada kita semua yaitu apabila ada yang menanyakan Allah, maka Dia langsung menjawab bahwa Dia amat dekat dengan kita, bahkan lebih dekat daripada urat leher kita

Kedekatan Allah dengan kita itu tidak bisa dilihat dengan kasad mata, namun harus dengan keyakinan yang penuh. Dan sebenarnya kedekatanNya itu bisa dirasakan oleh kita. Hal itu tergantung dari sikap kita terhadapNya.

Allah swt akan dekat dengan kita, bila kita selalu mendekatiNya. Dan Dia akan jauh bila kita menjauh. Maksuknya Allah akan mengakui, menghormati, dan menghargai kita, memuliakan kita bila kita mau mengakui, menghormati, dan menghargaiNya dan kita memuliakanNya.

Lalu Allah akan mengabulkan siapa saja yang mau bermohon kepadaNya. Dan permohonan itu harus langsung, tapa perantara apapun dan siapapun. Apakah masih ada yang bermohon menggunakan perantara ?

Sungguh masih banyak orang-orang yang berohon itu menggunakan perantara, apakah melalui benda-bedan yang dianggap memiliki kekuatan, tempat-tempat yang dianggapnya keramat, suci, semua itu menurut manusia, atau dengan ritual-ritula tertentu dengan menggunakan sesaji, atau bisa juga dengan bantuan para ulama yang dianggapnya , menurutnya dekat dengan Allah .

Semua yang tadi dijelaskan itu adalah suatu perbuatan mempersekutukan Allah. Allah akan mengampuni dosa-dosa hambaNya walau seluas samudra atau setinggi gunung, kecuali yang mempersekutukanNya ( mencari tandingan keda selain dariNya ).

Allah swt akan mengabulkan permohonan hambaNya dengan catatan memenuhi syarat sebagai berikut :
1.     Tidak mempersekutukanNya ;
2.    Mematuhi segala perintahNya dan menjauhi laranganNya ;
3.    Beriman kepadaNya, yakin kepadaNya bahwa semua kebutuhan kita itu hanya Dia yang bisa memenuhinya ;
4.    Selalu istiqamah menegakkan kebenaran dan berada di jalan yang diridoi olehNya.

Semoga kita semua selalu berusaha dekat dengan Allah dan tidak menyampaikan hajatnya kepada siapapun, kecuali hanya kepadaNya. Aaaaamiin


Hadaniyallaahu waiyyakum. Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar