Sabtu, 07 Februari 2015

IKHLAS MERUPAKAN POKOK AMAL

POKOK  AMAL  ADALAH  IKHLAS  

Timbulnya berbagai macam perbuatan yang nampak itu adalah karena adanya berbagai macam situasi dan kondisi yang datangnya dari hati. 

Maka hatilah yang mendorong seseorang berbuat sesuatu yang dinamakan niat. Jadi niat adalah titik tolak permukaan segala amal, pekerjaan , perjuangan dll. 

Niat adalah penentu baik dan buruknya suatu perjuangan. Jika niatnya baik maka akan membuahkan hasil yang baik, sebaliknya jika niatnya buruk akan berbuah keburukan. 

Ruhnya amal adalah ikhlas. Niat dan ikhlas ini merupakan dua faktor yang tidak boleh dipisahkan antara yang satu dengan yang lain. 

Allah swt berfirman , 
“ Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam ( menjalankan ) agama dengan lurus dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan yang dmikian itu adalah agama yang lurus “ ( QS 98 : 5 ) . 

Rasulullah saw bersabda, “ Sesungguhnya Allah tidak akan melihat bentuk badan kita dan tidak pula melihat rupa-rupa kalian, akan tetapi Dia melihat kepada hati kalian “ 
( HR Muslim ) 

Dan Rasulullah saw bersabda,” Manusia itu seluruhnya akan binasa kecuali mereka yang beriman, mereka yang beriman itu seluruhnya binasa, kecuali yang beramal dan mereka yang beramal seluruhnya akan binasa kecuali mereka yang ikhlas “ ( Al Hadist )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar