Kamis, 21 April 2016

KESOMBONGAN HAK MUTLAK MILIK ALLAH

DIALOG RINGAN SAMBIL NGOPI .....

Ada tiga orang sahabat yaitu IMAN KAKIN ( IY ) , AMAT BIMBANG ( AB ) dan SANGAT ANGKUH ( SA )sedang berbincang-bincang doi teras rumahnya IMAN YAKIN.

AB : Temen2 kita silaturahmi yuk ke rumahnya Kakek Soleh, karena kita sudah dua minggu nggak main-main kesana

SA : Kakek Soleh itu siapa ? Kerjaannya apa ?

IY : Dia adalah kakekku sendiri, dia hanyalah seorng petani biasa

SA : Silahkan saja kalian kesana, kalau aku sih nggak mau. Kecuali kalau dia sudah bisa menjawab sepuluh pertanyaanku, dan aku cocok dengan hatiku, maka aku akan silaturahmi kepadanya dan akan berguru kepadanya.

AB : Waduh, kamu usiamu masih bau kencur kaya kita2an ini sudah sombong sekali. Itu sama saja menantang pada yang memberikan ilmu kepadamu SA ?????!!!!!

IY : Sudahlah gak usah diperdebatkan, Dia nggak mau ikut biarkan saja. kalau temen kita SA itu sombong biarlah Allah saja yang tahu, kita kan nggak tahu hatinya

AB : Nggak kakek Soleh bilang hidup di dunia ini harus merendah, jangan sombong. Sebab bila sombong maka Allah akan hancurkan dengan kesombongannya.

HIKMAH DIBALIK CERITA ITU ADALAH.

1. Kita hidup di dunia itu tidak bisa sendirian, tapi harus bergaul dengan sesamanya

2. Dalam pergaulan kita harus punya sikap rendah hati. Bila kita tinggi hati alias sombong maka akan banyak musuhnya

3. Yang berhak sombong itu hanya Allah, karena tidak ada seorangpun yang mampu mengalahkanNya.

4. Bila anda akan membicarakan ilmu, maka anggap orang yang di hadapan anda itu lebih tinggi dari anda, walaupun hanya seorang tukang becak.

5. Bila orang yang membicarakan tentang kekayaan atau jabatan, maka usahakan anda melihat orang yang hidupnya lebih susah dari anda, agar anda banyak bersyukur kepadaNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar