Senin, 28 Agustus 2017

JANGAN MENJADI MANUSIA TAMAK

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillahirranmaanirrahiim.




Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Wahai saudaraku Allah swt menciptakn kita itu selain sebagai makhluk individu juka sekaligus sebagai makhluk sosial . 

Sebagai makhluk individu, maka terjadinya hubungan hak dan kewajiban antara diri kita terhadap Allah  . 

Dan sebagai makhluk sosial maka kita diwajibkan untuk saling berhungan dengan antar manusia dengan cara bwersikap rendah hati, berkasih saying, saling tolong menolong, saling menghormati, saling mengingatkan , saling membantu, saling mengisi dsb.  

Semua itu harus dilakukan dalam rangka menebarkan kebaikan dan amal saleh yang Allah ridoi . Dilarang kita saliang menyakiti, bermusuhan, menzalimi  

Allah swt berfirman , “ Wa ta’awanuu ‘alal birri wattaqwaa walaa ta’aa wanuu’alal itsmi wal ‘udwaan “  Yang artinya , “  Dan saling tolong menolonglah kalian di atas perkara kebajikan janganlah kalian tolong menolong di atas perkara yang berdosa dan bermusuhan “.  

Rasulullah saw bersabda, “ Janganlah kalian saling marah memarahi , janganlah kalian saling menghasut , janganlah kalian saling membelakangi , janganlah kalian saling memutuskan tali ( hubungan kekeluargaan ) dan jadilah kalian sebagai hamba Allah yang ( senantiasa )bersaudara serta tidak halal bagi orang Islam memboikot selama tiga hari “  HR Bukhari Muslim.   

Wahai saudararaku melalui Hadits ini Rasulullah saw berpesan kepada kita semua agar bisa hidup saling berkasih sayang , saling menghormati dan menghargai , banyak-banyak bersilaturahmi bukan hanya dengan saudara saja akan tetapi dengan sesama manusia . 

Apabila di antara kita ada yang gak tahan kemudian saling mediamkan diri, maka beliau memberi. batasan hanya tiga hari . 

Setelah tiga hari Bila salah satunya mendatangi orang lain kemudian meminta maaf, lalu dia tidak memaafkan maka dosa yang meminta maaf itu semua ditanggung oleh yang menolak maafnya. 

Dan sebaliknya semua kebaikan orang yang dimintai maaf akan dipindahkan oleh Allah ke orang yang meminta maaf.  

Semoga saja kita bisa hidup rukun dan damai di antara keluarga, tetangga dan dengan siapapun, sehingga terciptalah Islam yang damai, tumbuh rasa persatuan dan kesatuan di antara sesama kita .
Aaaaammin

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika .

Wallaahu a’lam bish shawab

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar