Sabtu, 30 September 2017

ISLAM ITU INDAH DAN DAMAI

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Bismillaahirrahmaanirrahiim .


Hasil gambar untuk islam itu indah


Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Wahai Saudaraku sungguh indah  memeluk agama Islam itu . Islam itu penuh kasih sayang . Islam itu damai dan penuh persaudaraan . Islam itu lembut , tidak ada kekerasan dan permusuhan.

Islam mengajarkan kepada para pemeluknya untuk tetap  berbuat kebajikan sampai akhir hayat.

Kenapa harus sampai akhir hayat ? Karena kesempatan yang diberikan oleh Allah swt  untuk berbuat hanya di dunia ini .


Hidup ini dynamis, penuh perjuangan dan pengorbanan . Yang harus diperjuangkan adalah bagaimana caranya agar kita semua bisa menjadi manusia yang beruntung di sisi Allah dunia dan akhirat .

Di dalam perjuangan jelas butuh pengorbanan . Apa pengorbana kita ? Bisa berupa harta benda , tenaga , pikiran, waktu bahkan sampai jiwa diserahkan kepada Allah demi tegaknya agama Islam ini.

Islam mengajarkan untuk saling berbagi , apakah tenaga, harta benda ataupun ilmu . Yang kuat harus membantu yang lemah . Yang berharta harus membantu yang lemah dan membutuhkan bantuan . Yang pandai harus mengajarkan ilmunya kepada yang lain.Subhanallah .

Islam melarang siapapun untuk menimbun harta seperti apa yang telah dilakukan oleh Qorun yang kikir dan bakhil.

Untuk itu Islam mengajak semua pemeluknya untuk bisa berderma, bersedekah, zakat , dan berinfaq  sesuai ketentuan yang berlaku dan atas dasar kemampuan masing – masing .

Pelaksanaan amal itu bisa secara terang – terangan ataupun bisa dengan sembunyi – sembunyi .

Namun nilai amal yang sempurna adalah bila dilakukan yang tahu hanya Allah swt dan dirinya saja.

Boleh juga dengan terang – terangkan tapi bila niatnya untuk memberikan contoh dan mengajak kepada mereka yang tidak pernah  berinfaq, zakat dan sedekah .

Allah swt berfirman di dalam QS Al Baqarah  [ 2 ] :  274  yaitu
“ Al ladziina yun fiquuna am waa lahum bil laili wan nahaari sirran wa ‘alaa niyatan “  Yang artinya  “ orang – orang yang menafkahkan hartanya di malam dan siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan .

“ falahum ajruhum ‘inda rabbihim “   Yang artinya  “ maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya “

“ wa laa khaufun ‘alaihim wa laa hum yahzanuun  “  Yang arttinya  “ tidak ada kekhawatiran terhadap mereka  dan tidak ( pula ) mereka bersedih hati “
QS 2 :  274

Melalui ayat ini Allah swt memberitahukan kepada kita semua  agar :

1.       Berimanlah dan bertakwalah hanya kepada-Nya saja , jangan mempersekutukan-Nya ;

2.       Percayalah tugas yang diembankan kepada mausia itu adalah demi kebaikannya , bukan untuk Allah atau siapapun  ;

3.       Setiap tugas yang Allah berikan itu pasti ada imbalannya ( bagi yang taat ) dan juga ada ancamannya ( bagi yang ingkar )  ;

4.       Suatu kebodohan manusia bila diberi yang baik ditolak , tapi malah memilih yang buruk . Diberi petunjuk yang benar ditolak tapi memilih jalan yang sesat  ;

5.       Apapun yang dilakukan oleh manusia apakah itu terang-terangan ataupun yang tersembunyi tidak terlepas dari pengawasan Allah swt  ;

6.       Bagi yang  sudah mantap keimanannya maka akan melakukannya dengan baik, sehingga tidak ada rasa sedih , yang ada adalah suatu kenikmatan yang luar biasa. Kenapa ?  Karena tidak semua orang yang mau berbuat seperti itu  ;

7.       Bagi yang masih ragu, dan tidak percaya maka selamanya akan diliputi keraguan dan ketakutan dan dampaknya adalah menghadapi berbagai macam kesulitan hidup .

Semoga uraian  ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat membuka mata hati kita yang selama ini telah tertutup. Aaaaamiin.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

Wallaahu a’lam bish shawab

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar