Senin, 25 Desember 2017

ANEH TAPI NYATA

Assalamu’alaikum warahmatullaajhi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim .




Wahai saudaraku sungguh apa yang disampaikan Rasulullah saw melalui Hadist – Hadist  beliau bukan hanya terjadi di masa beliau hidup.

Ternyata sampai sekarangpun banyak terjadi . Kalau zaman beliau masih hidup tuntunan itu diberikan sambil berjalan layaknya air mengalirn secara alami .

Dibandingkan setelah beliau wafat, hanya tinggal ajaran beliaulah yang masih tetap  lestari sampai sekarang masih ada.

Namun sungguh disayangkan kebanyakan manusia kebanyakan memeluk atau menganut agama Islam hanya sebatas mengikuti kakek moyangnya karena sudah beragama Islam , tapi tidak mempelajarinya sendiri .

Mereka lebih percaya pada ucapan manusia dalam hal ini para mubaligh . Maaf dalam hal ini bukannya menjelekan para mubaligh .

Alangkah lebih baiknya bila mereka dengar apa yang disampaikan dari  mubaligh dan dibarengi sambil membaca warisan beliau yaitu Al Qur’an dan Hadist .  

Sampai mereka menemukan keyakinan atas apa yang sudah didengar dan dipelajarinya.

Bila hanya mendengar dari para mubaligh saja, yang dikhawatirkan terjadinya pengkultusan , karena  apa yang disampaikan oleh manusia pasti sedikit atau banyaknya akan ada kelemahan , kekurangan, atau bahkan ada kekeliruan. Semua itu hanya Allah yang tahu  .

Rasulullah saw bersabda bahwa di dunia ini ada enam hal yang boleh dikatakan aneh tapi nyata . Apakah itu benar – benar ada di zaman sekarang ?  

Silahkan andabaca dialog antara HAMBA dan SYEKH berikut ini , sambil anda melihat situasi di masyarakat luas . Lalu baru anda meyakininya .

HAMBA    :    Assalamu’alaikum ya syekh yang saya hormati .
SYEKH       :   Wa’alaikum salam  warahmatullaahi wabarakaatuh .  Apa kabar kamu, dan setiap kamu datang pasti membawa segudang pertanyaan  , betul kan ?
HAMBA    :   Alhamdulillah sehat syekh . Dan memang benar apa yang syekh ucapkan .  Saya hanya bertanya  pada apa yang sudah syekh janjikan . Yang sampai saat ini masih mengganjal di hati saya  tentang keadaan  YANG ANEH TAPI NYATA  di dunia ini .
SYEKH       :    Oh , iya betul , saya hampir lupa, untung dingatkan oleh kamu tentang hal tersebut. Baiklah akan saya jelaskan apa yang telah disampaikan oleh Rasulullah saw bahwa di dunia ini ada enam hal yang aneh tapi nyata  yaitu :

1.Masjid , atau mushola itu terasa aneh  [ asing ]  bila berada di tengah masyarakat yang hampir semuanya tidak melakukan shalat . Jadi apakah shalatnya itu hanya  untuk mengelabuhi  orang lain saja agar di tempat tersebut  semuanya beragama Islam ?  Allah  Maha Tahu akan hal tersebut . Contoh kalau di bulan Ramadhan masjid dan mushola penuh jamaah . Tapi selepas Ramadhan keadaan kembali seperti semula , hanya 3 - 10 orang yang shalat berjamaah.

2.  Mushaf [ Al Qur’an ] itu  terasa aneh [ asing ]  jika berada di rumah – rumah yang tidak suka membacanya, mempelajarinya, memahami artinya, dan menghayati makna kandungannya . Padahal Al Qur’an itu pedoman hidup , tuntunan hidup, petunjuk hidup yang paling benar dan sempurna bagi manusia . Al Qur’an hanya disimpan di almari etalase saja sebagai hiasan , atau bahkan sampai berdebu.

3.  Al Qur’an itu terasa aneh [ asing ] bila berada di hati orang –orang fasiq . Sudah tahu kebenaran yang haq tapi tidak mau melaksanakan isi kandungan Al Qur’an sesuai dengan kadar kesanggupannya masing – masing  . Karena Allah memberikan sesuatu itu bergentung kepada kemauan dan kesanggupan dari setiap manusia  .

4.  Suatu keanehan [ asing ] bila ada wanita solehah bila dia berada dalam kekuasaan suami yang dzalim , yang sangat buruk akhlaknya .

5.   Suatu keanehan [ asing ] bila ada seorang lelaki muslim  berada dalam kekuasaan  seorang wanita [ istri ] yang hina dan buruk akhlaknya .

6.  Suatu keanehan [ asing ] bila seorang alim berada di lingkungan masyarakat yang tidak mau mendengarkan nasihat – nasihatnya .

Itulah tempat  , Kitab Allah dan orang2 dimana di mata manusia itu dianggapnya hal yang biasa , bahkan disepelekan , namun di mata Allah swt memiliki keluhuran derajat yang luar biasa . 

Tidak berbeda dengan Rasulullah saw saat beliau disebut sebagai orang yang jujur , dan dapat memegang amanat oleh masyarakat luas di kala itu diberi nama atau gelar “ Al Amin “ . 

Akan tetapi begitu beliau menyiarkan tentang agama Islam dianggapnya menyebarkan agama baru yang akan merusak kepercaan yang sudah lama mereka ikuti sejak zaman sebelum ada mereka yakni nenek moyangnya , hampir semua orang yang tadinya menyukainya berbalik membencinya,  bahkan ada yang akan membunuh beliau . 

Beliaupun tidak gentar sedikitpun menghadapi semua itu walau nyawanya terancam. Karena beliau yakin Allah swt memberikan tugas ini demi keselamatan dan kebaikan serta kebahagiaan manusia semua , pasti Allah swt tidak akan membiarkan dirinya celaka. 

Karena rasa Kasih sayang Allah Maha Luas tak berbatas , 

Dia tidak pernah menzalimi hamba-Nya sedikitpun  [ QS Yunus : 44 ] . Bahkan kebanyakan manusialah yang telah menzalimi dirinya sendiri [ QS Yunus  : 44 ] .

HAMBA    :  Hal itu saya rasakan semakin saya banyak mendalami agama Islam , setiap kali saya bicara dengan teman – teman , mereka bicara “ Sok sucilah, Kaya Kyai saja kamu , Kaya kamu orang yang merasa paling benar . 

Dan mereka satu persatu mulai meninggalkan saya . Seolah – olah saya merasa hidup sendirian. Kenapa saya yang menyampaikan kebenaran harusnya didekati kok sebaliknya malahan dijauhi. 

Namun saya tetap apa yang telah saya dapat itu memberikan peringatan kepada mereka dan menyampaikan berita gembira kepada mereka sesuai dengan apa yang telah saya ketahui. 

Karena yang saya sampaikan kepada mereka itu sebenarnya sekaligus  untuk memperingatkan diri saya sendiri .

SYEKH       :   Itulah yang saya suka. Semoga Allah memberikan kekuatan , ketabahan , ketawakalan dan keabaran terhadap kamu  serta selalu dibimbing oleh Allah swt .  

Jangan sampai kamu pandai menceramahi orang lain tapi lupa untuk mengoreksi dirimu sendiri . Mengajak orang lain berbuat baik sementara kamu hanya diam di tempat .

HAMBA    : Aaaaamiin , syekh terima kasih atas do’anya dan motivasinya . Semoga saya tetap menjadi orang yang istiqamah dalam menjalankan agama Islam ini sesuai dengan rido Allah .

SYEKH       :  Insya Allah . Aaaaamiin. Tidak sia – sia aku selalu menjawab pertanyaan – pertanyaanmu , karena kamu disamping belajar, dan mengajarkan kepada orang lain utamanya  sebagai pedoman hidupmu semdiri .


HAMBA    : Hasbunallaah wani’mal wakiil , ni’mal maula wani’man nasiir . Laa haula wala quwwata illa billaahil ‘aliyyil’adziim .

Semoga bermanfaat . Wallaahua'lam bish shawab .
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar