Kamis, 28 Desember 2017

PEMBERIAN TERBAIK ALLAH KE 2

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim .





Wahai saudaraku amri kita lanjutkan kembali  perbincangan antara HAMBA  dan SYEKH  tentang
PEMBERIAN ALLAH YANG TERBAIK

HAMBA    :   Assalamu’alaikum  , Ya Syekh  .  Setelah direnungkan tentang  tiga hal yang sudah dijelaskan  , sekarang semakin nampak jelas  . 

Memang selama ini saya banyak salah tafsir , bahkan hampr berburuk sangka terhadap Allah . Tapi Alhamdulillah  sekarang saya mengakui kesalahan saya dan saya akan memperbaikinya  .

SYEKH       :   Tidak apa ,  lebih baik mencari kebenaran sendiri  dari kesalahan yang telah dilakukan . Tapi bukan  berarti disalah – salahkan  . Lebih baik belajar dari kesalahanmu daripada merasa mengaku benar .

HAMBA    :   Terima kasih Syekh atas nasihatnya  . Kemudian hati Yang Sabar itu seperti apa Syekh ?
SYEKH       :  Hati Yang Sabar itu sabar di saat senang dan sabar di saat susah .  Sabar disaat senang artinya . Di saat kamu sedang sukses, segala serba mudah dan lancar .   

Kamu tidak berbuat semaumu sendiri . Akan tetapi  selalu berhati – hati  memanfaatkan apa yang telah didapat untuk hal – hal yang disukai oleh Allah swt . 

Selain itu banyak – banyak bersyukur atas  apa yang telah Allah berikan kepada kamu .  Kemudian  sabar di saat susah artinya  selagi kamu susah dan menderita  kamu tetap tabah dan bertawakal  kepada Allah , tidak mengeluh dan tetap beribadah kepadaNya .

HAMBA    :  Intinya bersyukur disaat saya mendapatkan kenikmatan dan bersabar saat saya mendapatkan kesusahan dan penderitaan . Begitu kan Syekh ?

SYEKH       :  Betul apa yang kamu ucapkan . Selanjutnya bila masih juga belum bisa sabar , maka Allah memberikan  sikap DIAM  artinya tidak bicara apapun .

HAMBA    :  Diamnya itu seperti apa Syekh  ?

SYEKH       :  Kamu tidak mau berbicara apapun kalau memang tidak ada manfaatnya sama sekali . Dan kamu bicara bila memang hal itu perlu dan penting tapi hanya sedikit . Kamu tidak mau berbicara  semaunya sendiri  .

HAMBA    :  Oh gitu ya , terima kasih Syekh .  Lalu  bila berdiam diri masih juga belum  mampu maka Allah memberikan alternative lain yaitu MATI  , ya Syekh .

SYEKH       :  Mati disini bukan mati pisahnya ruh dengan jasad tapi banyak , misalnya mati pandanganmu  artinya tidak bisa melihat kebenaran .  Mati langkahmu artinya tidak mau melangkah ke jalan yang benar . 

Mati pikiranmu artinya tidak mau berfikir yang baik . Dan yang paling berbahaya adalah mati hatimu artinya hatimu sudah buta .  

Kalau hati sudah buta maka seluruh anggota tubuhpun ikut buta, maka hidupmu sia – sia . Tinggal menunggu ketetapan Allah saja , apakah pagi , siang , sore, malem Malaikat Maut menjemput kamu .

HAMBA    :  Astaghfirullahal’adziim . Naudzubillaahi min dzaalik . Semoga Allah tidak menjadikan saya seperti itu .  Namun maaf Syekh  saya masih penasaran  kok Mati itu yang terbaik dari Allah itu seperti apa .

SYEKH      :  Adapun apa yang saya jelaskan itu adalah dirimu yang membuat mati sendiri. Tapi kalau Mati dari Allah  adalah yang terbaik  [ pisahnya ruh dengan jasad ] .  

Saat kamu mati , itu yang terbaik dariNYA.  Bila kamu masih saja berbuat dosa, maka  akan terhenti , sehingga dosa-dosamu tidak banyak. 

Karena semakin banyak dosa , maka beban yang akan diletakkan di pundakmu juga semakin berat . Itulah mati yang terbaik dari-Nya .

HAMBA   :  Terima kasih Syehk atas penjelasannya . Semoga saja saya akan semakin dekat dengan Allah swt dan dapat meningkatkan amal ibadahnya untuk bekal akhirat saya kelak agar saya tidak sengsara dan menderita  disana  .


SYEKH      :  Aaaaamiin . Insya  Allah  .     

Semoga bermanfaat untuk kita semua .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar