Kamis, 30 Mei 2019

SEMBAHLAH ALLAH D ENGAN JALAN TAKWA

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirramaanirrahim.

Tugas manusia itu hanya menyembah lla dengan cara beribadah kepadaNya dengan tulus dan ikhlas .

Urusan selain ibadah adalah urusn Allah termasuk salah satnya adlah urusan rezeki , Allah yang mengaurnya, merencanakannya, membaginya .

Wahai saudaraku coba kita renungkan bersama tentang masalah rezeki yang kita terima apakah sudah dipastikan akan mendapatkan seperti itu. Pasti jawabannya tidak.

Semua itu serba rahasia. Paling hanya menduga – duga saja . Perkiraan akan mendapatkan segitu tapi nyatanya hanya mendapatkan segini , bahkan tak mendapatkan sama sekali. 

Oleh karena itu barangsiapa yang hidupnya selalu mentargetkan masalah rezeki , pasti ujung2nya banyak yang jengkel, ngeluh, bahkan sampai stress . 

Akan tetapi bila segala sesuatunya menyerahkan sepenuhnya kepada Allah swt, maka hidup akan tenang , jiwanya akan kuat . 

Yang penting sudah berbuat semaksimal mungkin sesuai kemampuan dan keahliannya, sudah berdo’a kepadaNya dan sudah menyerahkan sepenuhnya kepada Allah. 

Tinggal menunggu dengan kesabaran ketetapanNya. Dan apa yang telah ditetapkan olehNya diterimanya dengan ikhlas, manis ataupun pahit, besar ataupun kecil , lapang ataupun sempit. 

Karena yakin bahwa itulah yang terbaik dari Allah. Itulah yang disebut jiwa qana’ah . 
Untuk mendapatkan Qana’ah ini tidak mudah seperti membalik telapak tangan, akan tetapi akan menghadapi berbagai macam ujian dan cobaan dari Allah swt. 

Jarang orang yang mampu berqana’ah, walau ulama sekalipun. Umumnya kalau sudah menyangkut harta benda dan jabatan, mereka pada goyah keimanannya .
Mari kita simak firman Allah swt di dalam QS Ath Thalaq [ 65 ] :  2  -  3 yaitu

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا( ) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ



"Barangsiapa yang bertakwa kepada ALLAH nescaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya."

(Surah At-Thalaq : 2-3).


Smoga uraian ini bermanfaat. Isya Allah .
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar